Kepemimpinan kepala madrasah dalam implementasi kurikulum merdeka di MAN 2 Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nashiroh, Fatihatun (2023) Kepemimpinan kepala madrasah dalam implementasi kurikulum merdeka di MAN 2 Lamongan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fatihatun Nashiroh_D03219007.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kurikulum merdeka merupakan konsep kurikulum yang dikembangkan dengan tujuan memberikan kebebasan kepada lembaga pendidikan sesuai dengan kebutuhan siswa dan kondisi madrasah. Kepemimpinan kepala madrasah sebagai tonggak dalam lembaga pendidikan mempunyai peran penting bagi kelancaran implementasi kurikulum merdeka. Implementasi kurikulum merdeka dapat terlaksana apabila kepemimpinan kepala madrasah mampu memberikan pengaruh dan dukungan kepada bawahannya. Adapun fokus penelitian yang peneliti kembangkan sebagai berikut: 1) Bagaimana implementasi kurikulum merdeka di MAN 2 Lamongan? 2) Bagaimana kepemimpinan kepala madrasah dalam implementasi kurikulum merdeka di MAN 2 Lamongan? 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat kepemimpinan kepala madrasah dalam implementasi kurikulum merdeka di MAN 2 Lamongan? Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan implementasi kurikulum merdeka di MAN 2 Lamongan, menggambarkan kepemimpinan kepala madrasah dalam implementasi kurikulum merdeka di MAN 2 Lamongan, menganalisis faktor pendukung dan penghambat kepemimpinan kepala madrasah dalam implementasi kurikulum merdeka di MAN 2 Lamongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, metode yang digunakan dalam penelitian diantaranya yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis pengumpulan data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala madrasah dalam implementasi kurikulum merdeka di Madrasah Aliyah Negeri 2 Lamongan yaitu dengan menerapkan beberapa strategi, diantaranya: melakukan perencanaan dengan membentuk tim pengembang kurikulum madrasah untuk pengembangan serta penyusunan kurikulum madrasah, memberikan fasilitas yang memadai berupa sarana prasarana yang lengkap untuk mendukung kegiatan implementasi kurikulum merdeka, memberikan semangat dan motivasi kepada guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam melaksanakan pembelajaran dan tugas-tugasnya, mengadakan workshop dan mengikutsertakan dalam pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru, melakukan monitoring dan evaluasi secara rutin dan berkala untuk mengetahui kendala atau kesulitan pada guru dan pegawai lainnya, melaksanakan supervisi untuk menilai kinerja guru dalam kegiatan pembelajaran, melaksanakan implementasi kurikulum merdeka sesuai dengan pedoman dan panduan dari pemerintah dan disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi madrasah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nashiroh, Fatihatunfatihahnashir@gmail.comD03219007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsrohah, Hanunasrohah@yahoo.com2010046801
Thesis advisorFitriatin, Nurnurfitriatin@uinnsby.ac.id2012016701
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Implementasi kurikulum merdeka; kepemimpinan kepala madrasah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Fatihatun Nashiroh
Date Deposited: 16 Oct 2023 04:05
Last Modified: 16 Oct 2023 04:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66115

Actions (login required)

View Item View Item