Pengawasan kepala madrasah terhadap kinerja usaha kesehatan sekolah di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayah, Rahma (2023) Pengawasan kepala madrasah terhadap kinerja usaha kesehatan sekolah di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rahma Hidayah_D03219026.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Pengawasan Kepala Madrasah terhadap Kinerja Usaha Kesehatan Sekolah di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jombang. Fenomena yang terjadi di madrasah tentang UKS bahwasannya UKS telah siap dengan sistem baru yakni adanya petugas UKS yang akan bertugas memberikan pelayanan di UKS. Hal ini merupakan sistem baru di UKS MAN 2 Jombang, tak lepas dengan pengawasan kepala madrasah. Pengawasan merupakan kegiatan pengamatan dari proses pelaksanaan kegiatan tersebut. Kepala madrasah berwenang sebagai pengendali, pembina serta pengarah bagi guru dan staff serta seluruh masyarakat yang ada di sekolah. Kinerja UKS merupakan suatu tingkatan pencapaian atas pelaksanaan kegiatan petugas UKS dalam mewujudkan sasaran atau tujuan secara keseluruhan dalam periode tertentu. Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis proses pengawasan kepala sekolah terhadap kinerja Unit Kesehatan Sekolah (UKS) di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jombang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, untuk mendeskripsikan dan menganalisis fakta nyata yang terjadi di lapangan yang berkaitan dengan pengawasan kepala madrasah terhadap kinerja UKS di MAN 2 Jombang. Metode yang digunakan untuk menggali data adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan yang terlibat dalam wawancara adalah kepala madrasah, ketua UKS dan petugas UKS. Wawancara dilakukan dengan cara tidak terstruktur dengan menggunakan pedoman wawancara. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) kinerja UKS MAN 2 Jombang dapat dikatakan berhasil, ditunjukkan dengan mayoritas kegiatan UKS sehari-hari berjalan sebagaimana semestinya. (2) pelaksanaan pengawasan kepala madrasah terhadap kinerja UKS bisa dikatakan kurang, karena tidak adanya jadwal rutin pelaksanaan. (3) Salah satu faktor penting dalam mendukung UKS MAN 2 adalah keberadaannya di lingkungan pesantren yang secara rutin mengadakan program santri sehat. Meskipun dengan pengawasan minim dari kepala sekolah, kinerja UKS tetap berjalan dengan maksimal. Hal ini mengindikasikan bahwa tatalaksana UKS sudah dipegang oleh personil yang cukup dan mumpuni. Namun demikian kinerja UKS akan lebih maksimala apabila kepala sekolah melakukan pengawasan dengan lebih intensif dan terstruktur.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayah, RahmaRahmahdyh21@gmail.comD03219026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholis, Nurnurkholis08@gmail.com2011036701
Thesis advisorSulanam, Sulanamsulanam@uinsby.ac.id2030117901
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Pengawasan kepala madrasah; kinerja usaha kesehatan sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rahma Hidayah
Date Deposited: 16 Oct 2023 07:23
Last Modified: 16 Oct 2023 07:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66116

Actions (login required)

View Item View Item