Penegakan hukum terhadap kelalaian berlalu lintas yang melibatkan anak di bawah umur menurut perspektif hukum positif dan hukum pidana islam: studi kasus di laka lantas Polres Kota Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatikhin, M Zainul (2022) Penegakan hukum terhadap kelalaian berlalu lintas yang melibatkan anak di bawah umur menurut perspektif hukum positif dan hukum pidana islam: studi kasus di laka lantas Polres Kota Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M Zainul Fatikhin_C93217100 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan judul “Penegakan Hukum Terhadap Kelalaian Berlalu Lintas yang Melibatkan Anak dibawah Umur Menurut Persfektif Hukum Positif dan Hukum Pidana Islam (Studi Kasus di Laka Lantas Polres Sidoarjo)”. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu pertama untuk mengetahui penegakan hukum bagi pengemudi di bawah umur menurut UndangUndang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, dan yang kedua adalah untuk mengetahui pandangan hukum pidana Islam terhadap pengemudi di bawah umur. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research). Sumber data dari penelitian ini terdiri atas pertama sumber primer diperoleh dari lapangan dan diperoleh dari sumber data yang bersangkutan, kedua sumber data sekunder yaitu data pendukung atau data tidak langsung, berupa buku, dokumen, maupun arsip berkas perkara. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu studi kepustakaan, studi lapangan melalui wawancara dan observasi. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, anak yang terlibat dengan kasus hukum yaitu laka lantas yang melibatkan anak di bawah umur hingga menimbulkan korban meninggal dunia. Kedua, dukungan dari orang tua untuk memperbolehkan anak yang masih di bawah umur mengendarai kendaraan bermotor. Ketiga, kurangnya paham edukasi tentang aturan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.Upaya yang dilakukan oleh pihak SATLANTAS Polres Sidoarjo dalam menangani kasus laka lantas yang melibatkan anak di bawah umur yaitu berupaya penyelesaian perkara pidana ke proses di luar peradilan pidana (Diversi) Hukuman yang dijatuhkan kepada kasus Laka Lantas yang melibatkan anak di bawah umur dalam hukum pidana Islam yaitu hukuman Ta’zir, hukuman yang bisa dijatuhkan bisa berupa edukasi, sanksi denda dan sanksi pidana sesuai dengan hukum yang berlaku. Berdasarkan pemaparan kesimpulan di atas, maka adapun beberapa saran yang diajukan oleh penulis yaitu: Diharapkan kepada orang tua untuk tidak terlebih dahulu memberikan izin kepada anaknya untuk mengendarai kendaraan bermotor di jalan raya dan mengedukasi kepada anaknya betapa beresiko ketika berkendara di jalan raya. Saran kepada pihak SATLANTAS POLRES Sidoarjo untuk serius menangani dan menindak tegas bagi pengendara yang masih di bawah umur di jalan raya. Dan memberantas balap liar atau mengendarai secara ugal-ugalan di wilayah hukum POLRES Sidoarjo dan penulis berharap masyarakat lebih memahami dan mematuhi tentang aturan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang berlaku, agar bertujuan untuk menjadikan masyarakat lebih tertib dan aman ketika di jalan raya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatikhin, M Zainulmuhammadfatikhin97@gmail.comC93217100
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHatta, Moh.hattamuhammad644@gmail.com2026107104
Subjects: Hukum Islam
Keywords: Laka lantas; anak dibawah umur
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Publik Islam
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Oct 2023 01:21
Last Modified: 20 Oct 2023 01:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66120

Actions (login required)

View Item View Item