Implementasi Media Loose Parts untuk meningkatkan Literasi Sains di Kelompok B TK Muslimat Kureksari Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Husnan, Safina (2023) Implementasi Media Loose Parts untuk meningkatkan Literasi Sains di Kelompok B TK Muslimat Kureksari Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Safina Husnan_D99219069 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Media loose parts merupakan sebuah media bermain anak yang terdiri material lepasan yang penggunaanya bahannya dapat dipisahkan, digabungkan, dibawa, dipindahkan, dirancang ulang dengan berbagai cara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi media loose parts dalam meningkatkan literasi sains siswa dan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan literasi sains siswa melalui implementasi media loose parts pada anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Muslimat Kureksari Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis and Mc Taggart. Prosedur penelitian ini terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan pada anak kelompok B3 di TK Muslimat Kureksari Sidoarjo dengan jumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan literasi sains siswa kelompok B3 di TK Muslimat Kureksari Sidoarjo pada setiap siklusnya mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Terlihat hasil ketuntasan literasi sains pada pra siklus skor persentase sebesar 10,53%, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 42,11% dan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 89,47%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Husnan, Safinasafinahusnan01@gmail.comD99219069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTamwifi, Irfanirf.tamwifi@gmail.com2002017001
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Pendidikan > Anak
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Media Loose Parts; Literasi Sains
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Safina Husnan
Date Deposited: 17 Oct 2023 02:16
Last Modified: 17 Oct 2023 02:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66122

Actions (login required)

View Item View Item