Sistem Affiliate dalam Marketplace Tik Tok Shop pada Produk Skincare Sheriz ditinjau dari Etika Bisnis Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Renata, Diva Audrey (2023) Sistem Affiliate dalam Marketplace Tik Tok Shop pada Produk Skincare Sheriz ditinjau dari Etika Bisnis Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Diva Audrey Renata_G74219092 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam praktek jual beli di Islam sangat dibutuhkan penerapan etika bisnis Islam agar tidak terjadi adanya malpraktik. Terlebih pada jual beli online yang dimana menggunakan sistem affiliate, disini affiliate marketer menjualkan produk dari sebuah Brand. Nantinya pembeli akan membeli produk melalui link yang dibagikan oleh affiliate marketer kemudian affiliate marketer akan mendapatkan komisi dari penjualan tersebut. Hal tersebut berbeda dengan prinsip jual beli Islam yang dimana penjual harus menjualkan barang miliknya sendiri. Apakah jual beli menggunakan sistem affiliate ini diperbolehkan pada jual beli Islam jika didalamnya tidak mengandung unsur penipuan. Pada penelitian ini peneliti akan meneliti terkait penerapan etika bisnis Islam pada penjualan produk Sheriz dengan sistem affiliate pada marketplace Tik Tok Shop. Metode yang dilakukan oleh peneliti pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara kepada pemilik Brand Sheriz dan affiliate marketer Brand Sheriz. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Brand Sheriz dan juga affiliate marketer Brand Sheriz telah menerapkan etika bisnis Islam pada penjualan melalui sistem affiliate marketplace Tik Tok Shop. Dalam penjualannya menggunakan sistem affiliate pada marketplace Tik Tok Shop Brand Sheriz dan juga affiliate marketer produk Brand Sheriz tidak ada mengandung unsur penipuan walaupun penjualan produknya melalui sistem affiliate yang dimana berbasis online atau bisa dibilang belanja online. Penelitian ini dapat memberikan saran kepada pihak Brand Sheriz agar dapat mempertahankan atau bahkan menambahkan unsur - unsur etika bisnis Islam dalam penjualannya melalui sistem affiliate marketplace Tik Tok Shop. Penelitian ini juga memberikan saran kepada affiliate marketer Brand Sheriz agar selalu memperhatikan dan mengimplementasikan unsur etika bisnis Islam dalam mempromosikan produk yang dijual menggunakan sistem affiliate Tik Tok Shop. Serta penelitian ini memberikan saran untuk pembacanya agar selalu menerapkan etika bisnis Islam dalam melakukan bisnis sesuai dengan syariat islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Renata, Diva Audreydivaaudreyr@gmail.comG74219092
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTantriana, Deasydeasytantriana@gmail.com2028128301
Subjects: Ekonomi
Ekonomi Islam
Keywords: Sistem Affiliate; Etika Bisnis Islam; Marketplace
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Diva Audrey Reanata
Date Deposited: 17 Oct 2023 03:14
Last Modified: 17 Oct 2023 03:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66125

Actions (login required)

View Item View Item