Implementasi alat permainan edukasi magnet abjad dalam meningkatkan pemahaman konsep pola huruf kelompok a usia 4-5 tahun di TK Plus Al-Afkar Bungurasih Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faizah, Nur (2023) Implementasi alat permainan edukasi magnet abjad dalam meningkatkan pemahaman konsep pola huruf kelompok a usia 4-5 tahun di TK Plus Al-Afkar Bungurasih Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Faizah_D79219031 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi tentang rendahnya pemahaman konsep pola huruf pada kelompok usia 4-5 tahun di TK Plus Al-Afkar Bungurasih Sidoarjo. Dari 17 anak hanya 3 anak yang mendapatkan nilai sekurang-kurangnya Berkembang Sesuai Harapan. Dengan menggunakan metode pembelajaran yang digunakan pendidik dalam proses belajar mengajar membuat anak kurang antusias, mengobrol serta kurangnya kosentrasi dalam pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut peneliti menerapkan menggunakan media magnet abjad dengan Upaya dapat meningkatkan pemahaman anak tentang konsep pola huruf. Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana penerapan pengembangan alat permainan edukasi magnet abjad sebagai media untuk melatih pemahaman konsep pola huruf di TK Plus Al-Afkar Bungurasih Sidoarjo? 2) Bagaimana peningkatan alat permainan edukasi magnet abjad sebagai media untuk melatih pemahaman konsep pola huruf di TK Plus Al-Afkar Bungurasih Sidoarjo?. Pengumpulan data penelitian ini didapat melalui wawancara dengan guru, observasi di kelas, penilaian ceklis serta dokumentasi hasil pembelajaran. Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah : 1) penerapan pengembangan alat magnet abjad dalam pemahaman konsep huruf agar dapat meningkat dengan melihat aktivitas guru serta respon dari murid. Hal ini telah meningkat terbukti dari hasil aktivitas guru dari nilai 68,9% pada siklus I meningkat menjadi 89,6% pada siklus II dan dikategorikan Berkembang sangat baik. Sedangkan berdasarkan hasil aktivitas anak yaitu diperoleh 65,6% pada siklus I meningkat menjadi 84,3% pada siklus II. 2) adanya peningkatan hasil belajar anak tentang pemahaman konsep pola huruf di TK Plus Al-Afkar Bungurasih Sidoarjo. Hal tersebut terbukti dari hasil prosentase yang didapatkan sekurangnya Berkembang Sesuai Harapan pada siklus I siklus I diperoleh 11 anak yang tuntas dengan diperoleh nilai 62,7 presentase yang mendapatkan ketuntasan dalam pemahaman pola konsep huruf adalah 64,7% dari 17 anak. Sedangkan siklus II mengalami peningkatan jumlah anak yang tuntas 14 anak dengan diperoleh nilai 76,9 dengan presentase ketuntasan 82,3% dari 17 anak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faizah, Nurzahfaizah962@gmail.comD79219031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Thesis advisorAziz, Yahyayahya_aziz15@yahoo.com2029087203
Subjects: Pendidikan > Penelitian
Penelitian

Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Pemahaman Konsep Pola Huruf Media Magnet Abjad; Magnet Abjad; Abjad
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Nur Faizah Nur Faizah
Date Deposited: 18 Oct 2023 02:26
Last Modified: 18 Oct 2023 02:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66126

Actions (login required)

View Item View Item