Pengembangan media berbasis android pada tematik tentang pahlawanku dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 4 di SD Negeri Punggul I Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arifin, Guntur Dwi (2023) Pengembangan media berbasis android pada tematik tentang pahlawanku dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 4 di SD Negeri Punggul I Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Guntur Dwi Arifin_D97217050 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kehadiran teknologi komunikasi dan informasi juga mampu mengantar manusia ke dalam tatanan hidup yang memiliki kualitas dan kemudahan dalam menyelesaikan berbagai hal, seperti halnya pendidikan. Dari hasil wawancara dan observasi, media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran dikelas masih belum berbasis android atau belum bisa memanfaatkan gawai sebagai media pembelajaran. Oleh karena itu, media pembelajaran yang berbasis android ini adalah salah satu jawaban yang bisa menjawab permasalahan yang ada di kelas 4 SD Negeri Punggul I. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan proses dari pengembangan media yang berbasis android, mendeskripsikan implementasi dari produk media yang berbasis Android dan mendeskripsikan efektivitas dari media yang berbasis Android terhadap hasil belajar peserta didik. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari 5 tahapan, adapun tahapan dalam model tersebut yaitu, analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (evaluasi). Dalam penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 27 peserta didik dari kelas 4 di SD Negeri Punggul I dengan teknik pengumpulan data pada penelitian yaitu wawancara, observasi, tes, angket dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang didapatkan bahwa, (1) Pengembangan media berbasis Android ini berupa aplikasi yang bisa diakses dengan menggunakan telepon pintar. Dalam proses desainnya perlu menentukan materi yang digunakan, komponen-komponen yang menarik, penggunaan aplikasi figma berfungsi untuk mendesain layout setiap menu, pembuatan media dan selanjutnya divalidasi oleh 3 validator. (2) Hasil observasi dan wawancara, bahwa media yang berbasis android sangat menarik dan efektif untuk digunakan peserta didik pada pembelajaran tematik tentang pahlawanku dan membuat peserta didik antusias pada saat proses pembelajaran (3) Hasil pre-test dan post-test menyatakan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar setelah media berbasis Android diujicobakan. Nilai rata-rata yang didapatkan sebesar 68,3 dan 86,48 dan diuji dengan menggunakan paired sample t-test dengan hasil t hitung > t tabel 4,704>1,706 dan untuk probabilitas 0,000 < 0,05. Bahwa ada sebuah perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan media yang berbasis Android.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arifin, Guntur Dwiheiguntur@gmail.comD97217050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNadlir, Nadlirnadlir@uinsby.ac.id2022076802
Thesis advisorMas’ud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id2010097301
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pengembangan; Media Berbasis Android; Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Guntur Arifin
Date Deposited: 17 Oct 2023 05:24
Last Modified: 17 Oct 2023 05:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66127

Actions (login required)

View Item View Item