Manajemen hubungan masyarakat (humas) dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat di SMK Taruna Bakti Baturraden Banyumas

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurdiansyah, Muhammad Hafidza Daffa (2023) Manajemen hubungan masyarakat (humas) dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat di SMK Taruna Bakti Baturraden Banyumas. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Hafidza Daffa Nurdiansyah_D93219090 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Masyarakat merupakan komponen strategis yang harus diperhatikan penuh oleh lembaga pendidikan. Sesuai pasal 8 Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 disebutkan bahwa masyarakat berhak untuk berperan serta dalam perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi program pendidikan. Maka, perlu manajemen humas di lembaga pendidikan. Dengan manajemen humas, sekolah dapat menarik masyarakat agar mempercayai kemudian memilih sekolah tersebut untuk menggunakan jasa layanan pendidikan yang ditawarkan dan menggunakan lulusan dari sekolah tersebut. Penelitian ini berjudul Manajemen Humas Dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat di Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Bakti Baturraden. Penelitian ini betujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai kegiatan humas yang dilakukan oleh SMK Taruna Bakti Baturraden dalam upaya meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap SMK. Jenis penelitian ini deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang humas, murid, orang tua murid, dan masyarakat sekitar. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti melakukan analisis dan interpretasi data serta menggunakan teknik triangulasi dalam menguji keabsahan data penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh menyatakan bahwa (1) Dengan manajemen humas, SMK Taruna Bakti Baturraden dapat menginformasikan sekaligus meningkatkan pemahaman kepada masyarakat tentang program kegiatan yang ditawarkan serta direncanakan sekolah secara efektif dan efisien; (2) Kondisi dari kepercayaan masyarakat terhadap SMK Taruna Bakti setiap tahunnya mengalami peningkatan. SMK Taruna Bakti dipercaya oleh masyarakat karena selain biayanya yang terjangkau dan dapat dikredit sehingga meringankan masyarakat, SMK Taruna Bakti juga mampu meluluskan lulusan yang siap bekerja, hingga ke bangku perkuliahan secara gratis melalui program lanjut kuliah gratis menggunakan Kartu Indonesia Pintar (KIP); (3) Manajemen humas di SMK Taruna Bakti Baturraden memiliki fungsi dalam meningkatkan kepercayaan masyarakatk, karena berperan sebagai corong atau komunikator yang pertama antara pihak sekolah dengan masyarakat. SMK Taruna Bakti Baturraden menyusun serta mengelola humas dengan terstruktur melalui kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian, hingga evaluasi sehingga dapat mengalami peningkatan kepercayaan masyarakat dibuktikan dengan jumlah siswa yang setiap tahunnya mengalami peningkatan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurdiansyah, Muhammad Hafidza Daffadaffa.hafidza@gmail.comD93219090
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMaarif, Samsulsamsul_jombang@yahoo.com/samsulmaarif@uinsbya.ac.id2007046401
Thesis advisorHuda, Muhammad Nurilnuril.huda@uinsby.ac.id2027068001
Subjects: Manajemen
Manajemen Pendidikan
Keywords: Hubungan Masyarakat; Kepercayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muhammad Hafidza Daffa Nurdiansyah
Date Deposited: 17 Oct 2023 07:33
Last Modified: 17 Oct 2023 07:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66132

Actions (login required)

View Item View Item