Manajemen distribusi zakat di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Batam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Megawati, Febrian Ayu (2022) Manajemen distribusi zakat di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Batam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Febrian Ayu Megawati_G75218023 ok.pdf

Download (11MB)

Abstract

Manajemen merupakan salah satu topik yang relevan untuk diteliti karena menjadi indikator penting bagi setiap pihak internal perusahaan, begitu halnya dengan manajemen distribusi yang merupakan inti dari suatu lembaga sosial dalam mewujudkan suatu tujuan organisasi. Berkaitan dengan hal tersebut, maka penulis tertarik untuk mengkaji lebih jauh mengenai manajemen distribusi zakat di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Batam, kemudian mengetahui apa saja faktor penghambat serta faktor pendukung pada distribusi zakat di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Batam. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bermanfaat untuk memberikan informasi, fakta dan data tentang manajemen distribusi zakat di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Batam dengan melakukan wawancara mendalam ke pada pegawai Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Batam, lalu observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwasannya: (1) manajemen distribusi zakat di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Batam telah terlaksana meskipun pengawasan terhadap mustahik penerima bantuan produktif dan SAI belum berjalan maksimal. (2) faktor penghambat distribusi zakat terdiri dari tiga faktor yaitu berdasarkan wilayah geografis yang terbagi atas mainland dan hinterland yang sulit dijangkau, keterbatasan sumber daya manusia atau tenaga amil, dan keterbatasan mustahik dalam melengkapi administrasi atau syarat pengajuan permohonan bantuan. Sedangkan faktor pendukungnya terdiri atas dua faktor yaitu adanya perencanaan program yang jelas dan ketersediaan dana. Penelitian ini memberikan rekomendasi pada pihak BAZNAS Kota Batam agar dapat melakukan koordinasi antar pimpinan dengan staff bidang distribusi pendayagunaan dalam menambah tenaga amil baru untuk ditugas khususkan menjadi surveyor dan pendamping mustahik penerima bantuan produktif. Pentingnya pengawasan dan pendampingan mustahik ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan dana yang diberikan maupun kegagalan atas usaha yang baru dijalankan oleh para mustahik dengan harapan keberhasilan usahanya akan membawa perubahan pula bagi kesejahteraan masyarakat yang lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Megawati, Febrian Ayufebriian.ayu@gmail.comG75218023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPutranto, Hanafi Adihanafiadiputranto@uinsby.ac.id2005098202
Subjects: Manajemen
Amil Zakat
Keywords: Manajemen; distribusi; zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Febrian Ayu Ayu
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:59
Last Modified: 16 Oct 2023 03:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66144

Actions (login required)

View Item View Item