Analisis manajemen pendistribusian dana ZIS melalui program Beasiswa Santri Yatim Dhuafa pada LAZISNU kecamatan Wonocolo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kusumaningtyas, Esa Ayu (2023) Analisis manajemen pendistribusian dana ZIS melalui program Beasiswa Santri Yatim Dhuafa pada LAZISNU kecamatan Wonocolo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Esa Ayu Kusumaningtyas_G05219006.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Manajemen Pendistribusian Dana ZIS Melalui Program Beasiswa Santri Yatim Dhuafa Pada LAZISNU Kecamatan Wonocolo Surabaya” ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui manajemen pendistribusian dana ZIS melalui program Beasiswa Santri Yatim Dhuafa pada LAZISNU Kecamatan Wonocolo Kota Surabaya dan mengetahui faktor-faktor pendukung maupun penghambat dalam program Beasiswa Santri Yatim Dhuafa di LAZISNU Kecamatan Wonocolo Surabaya.Penelitian ini dilakukan di Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kecamatan Wonocolo. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data primer yang diambil Direktur Operasional dan Manager Pendistribusian. Sedangkan untuk data sekunder diambil melalui data dengan melihat dari berbagai literatur yang dapat menunjang penelitian ini. Adapun teknik pengumpulan data dari penelitian tersebut yaitu menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan Manajemen Pendistribusian Dana Zakat, Infaq dan Shadaqah dalam program beasiswa santri yatim dhuafa di LAZISNU Kecamatan Wonocolo. Bersama dengan masyarakat untuk membantu memberikan bantuan terhadap santri yatim dhuafa yang tidak dapat memenuhi kebutuhan sekolah. Adapun analisis Planning, Organizing, Actuating dan Controlling terhadap pendistribusian dana zakat, infaq dan shodaqoh untuk meningkatkan kesejahteraan mustahiq atau penerima bantuan beasiswa pada LAZISNU Kecamatan Wonocolo adalah pihak LAZISNU Kecamatan Wonocolo telah melakukan sebagaimana sesuai dengan teori POAC walaupun dalam Organizing dan Controlling masih harus diperbaiki lagi sehingga terbentuk manajemen yang lebih baik lagi. Adapun rekomendasi yang dapat menjadi bahan masukan kepada pengelola LAZISNU Kecamatan Wonocolo agar evaluasi dan controlling lebih diperhatikan lagi, baik itu secara internal LAZISNU Kecamatan Wonocolo atau dengan melibatkan Cabang NU Care-Lazisnu di tingkat Kab/Kota sehingga diharapkan dapat turut meningkatkan keberhasilan program zakat produktif dan meningkatkan kesejahteraan mustahik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kusumaningtyas, Esa Ayuesatyas05@gmail.comG05219006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusfiqoh, Sitisitimusfiqoh@uinsby.ac.id2013087601
Thesis advisorAsegaf, Maulanam.maulana@uinsby.ac.id2104098701
Subjects: Badan Amil Zakat Infaq dan Sadaqah
Zakat
Keywords: Manajemen; pendistribusian; dana zis; lazisnu
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Esa Ayu Kusumaningtyas
Date Deposited: 16 Oct 2023 07:32
Last Modified: 16 Oct 2023 07:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66147

Actions (login required)

View Item View Item