Pengaruh kualitas produk dan layanan terhadap kepuasan nasabah di Bank Syariah Indonesia Region Surabaya (Survey pada nasabah tabungan Wadi’ah Yad Dhamanah di Bank Syariah Indonesia Region Surabaya)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Setyawan, Dhany Agung Firdaus (2023) Pengaruh kualitas produk dan layanan terhadap kepuasan nasabah di Bank Syariah Indonesia Region Surabaya (Survey pada nasabah tabungan Wadi’ah Yad Dhamanah di Bank Syariah Indonesia Region Surabaya). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dhany Agung Firdaus Setyawan_G04218014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian di skripsi ini yang berjudul “pengaruh kualitas produk dan layanan terhadap kepuasan nasabah di Bank Syariah Indonesia Region Surabaya (survey pada nasabah tabungan Wadi’ah Yad Dhamanah di Bank Syariah Indonesia Region Surabaya)” yang dimana pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas produk dan layanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah di Bank Syariah Indonesia Region Surabaya. Dalam melakukan penulisan, peneliti menggunakan metode kuantitatif yang dimana metode ini digunakan untuk mengukur seberapa pengaruhnya kualitas produk dan layanan terhadap kepuasan nasabah di Bank Syariah Indonesia Region Surabaya secara simultan maupun parsial. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan non probability sampling yang dimana sampel yang digunakan adalah nasabah-nasabah yang masih menabung di sekitar Bank Syariah Indonesia se Surabaya. Karena jumlah populasi yang tidak diketahui atau banyaknya populasi yang dimana dapat berubah sewaktu-waktu, maka sampel pada penelitian ini menggunakan rumus roscoe yang akan menghasilkan responden sebanyak 100. Adapun penggunaan dalam analisis untuk penelitian ini yaitu menggunakan SPSS 26.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas produk berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan nasabah dengan nilai t hitung 3,521 > dari t tabel 1,984 dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Kemudian ada juga dari Kualitas Layanan yang berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan nasabah dengan nilai t hitung 9,515 > 1,984 dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Secara simultan dari kualitas produk dan layanan berpengaruh signifikan secara bersamaan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai f hitungnya 90,639 > f tabel 3,09. Dapat dijelaskan bahwa adanya hubungan yang positif antara kualitas produk dan layanan terhadap kepuasan nasabah. Maka dari itu pihak dari masing-masing bank di Bank Syariah Indonesia Region Surabaya harus menjaga atas faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan dari nasabah terhadap kualitas produk dan layanan yang diberi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Setyawan, Dhany Agung Firdausdhanyagung34@gmail.comG04218014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurlailah, Nurlailahlaila.nurlailah@gmail.com2022056201
Subjects: Ekonomi
Ekonomi Islam
Keywords: Kualitas produk; layanan; kepuasan nasabah; parsial; simultan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Dhany Setyawan
Date Deposited: 16 Oct 2023 07:40
Last Modified: 16 Oct 2023 07:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66155

Actions (login required)

View Item View Item