Analisis SWOT terhadap strategi fundraising dana zakat di kalangan Aparatur Sipil Negara pada Badan Amil Zakat provinsi Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hikmah, Nur Miftahul (2023) Analisis SWOT terhadap strategi fundraising dana zakat di kalangan Aparatur Sipil Negara pada Badan Amil Zakat provinsi Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Miftahul Hikmah_G05219023.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “ANALISIS SWOT TERHADAP STRATEGI FUNDRAISING DANA ZAKAT DI KALANGAN APARATUR SIPIL NEGARA PADA BADAN AMIL ZAKAT PROVINSI JAWA TIMUR” dalam tujuan peneliti ini adalah : (1) Bagaimana strategi fundraising ZIS di Badan Amil Zakat Provinsi Jawa Timur (2) Bagaimana analisis SWOT terhadap strategi fundraising dalam meningkatkan zakat di kalangan Aparatur Sipil Negara pada Baznas provinsi Jawa Timur. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus menjadi jenis penelitian dalam skripsi dan mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi kepada narasumber. Teknik analisis datanya menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil Analisa peneliti menemukan bahwasannya strategi tersebut dapat mengakomodir dua kemungkinan yang terjadi dalam gejolak kesadaran wajib zakat Aparatur Sipil Negara di Jawa Timur. Fungsi persuasif merupakan strategi utama guna menggerakkan kesadaran kalangan Aparatur Sipil Negara di Jawa Timur pentingnya integrasi zakat guna mencapai kemaslahatan bersama. Sedangkan strategi instruktif merupakan strategi tambahan yang digunakan untuk tambal sulam yang menyasar sebagian dari kalangan Aparatur Sipil Negara di Jawa Timur yang masih belum bangkit akan kesadaran pentingnya integrasi zakat dalam mengoptimalisasikan pengelolaan zakat. Saran yang dapat diberikan pengurus Badan Amil Zakat Provinsi Jawa Timur, dalam pengelolaan zakat hendaknya bagi pengurus Badan Amil Zakat Provinsi Jawa Timur, dalam strategi fundraising zakat hendaknya mengaktifkan kembali layanan BSZ atau bukti setor zakat, karena ini termasuk keunggulan BAZNAS dalam memberikan pelayanan kepada muzakki. Khususnya pada kalangan Aparatur Sipil Negara. Hendaknya menjalankan amanat Instruksi Gubernur no 1 tahun 2021 tentang optimalisasi zakat. Dengan begitu optimalisasi zakat dalam hal penghimpunan dan pengelolaan dapat tercapai. Selain itu penting kiranya untuk membangkitkan kesadaran akan manfaat pengelolaan yang berintegrasi guna mencapai pada sasaran (mustahiq) dengan tepat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hikmah, Nur Miftahulmiftahulhikmah8742@gmail.comG05219023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhozali, Muhammad Lathoifmuhammadlathoif@gmail.com2003117501
Thesis advisorAssegaf, Muhammad Maulanam.maulana@uinsby.ac.id2104098701
Subjects: Manajemen
Zakat
Amil Zakat
Keywords: Analisis strategi; baznas jatim; asn; pengelolaan zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Nur Miftahul Hikmah
Date Deposited: 18 Oct 2023 04:32
Last Modified: 18 Oct 2023 04:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66156

Actions (login required)

View Item View Item