Strategi pengembangan sumber daya manusia (SDM) di yayasan Pondok Pesantren Darul Ihsan Menganti Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arifin, Samsul (2023) Strategi pengembangan sumber daya manusia (SDM) di yayasan Pondok Pesantren Darul Ihsan Menganti Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Samsul Arifin_B74218068.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengembangan sumber daya manusia di Yayasan Pondok Pesantren Darul Ihsan Menganti Gresik, selain itu, penelitian ini mempunyai tujuan untuk menggambarkan pengembangan sumber daya manusia di Yayasan Pondok Pesantren Darul Ihsan Menganti Gresik. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pada penelitian ini peneliti menggunakan teknik penggumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi untuk menggali semua informasi yang di dapat di Yayasan Pondok Pesantren Darul Ihsan Menganti Gresik. Hasil penelitian yang didapat peneliti di lapangan menunjukan bahwa, Yayasan Pondok Pesantren Darul Ihsan Menganti Gresik memiliki strategi dalam menjalankan setiap program yang telah direncanakan. Salah satu program Yayasan Pondok Pesantren Darul Ihsan adalah pengembangan SDM. Strategi pengembangan SDM yang dilakukan Yayasan Pondok Pesantren Darul Ihsan memiliki klasifikasi yaitu metode dan lankah-langkah pengembangan. Pertama untuk metode pengembangan terdapat tiga metode yaitu understudy, job rotation dan coaching. Sedangkan yang kedua langkah-langkah pengembangan yang terdapat lima langkah yaitu, penentuan kebutuhan, penetapan sasaran, penentuan program, pelaksanaan program dan penilaian program. Yayasan Pondok Pesantren Darul Ihsan memiliki beberapa pendukung dan hambatan dalam melakukan pengembangan SDM. dukungan tersebut meliputi dukungan dari organisasi, pemateri & kesesuaian materi, dan fasilitas pengembangan. Sedangkan untuk hambatannya yaitu rendahnya skill(keampuan) SDM, rendahnya mentalitas SDM, dan sering terjadinya perubahan aturan kepengurusan dalam organisasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arifin, Samsulsamsul12223@gmail.comB74218068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLabib, Muftimuftilabib@gmail.com2002016401
Subjects: Pendidikan
Sumber Daya Manusia
Keywords: Pondok Pesantren Darul Ihsan; SDM
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 19 Oct 2023 03:22
Last Modified: 19 Oct 2023 03:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66164

Actions (login required)

View Item View Item