Implementasi budaya keagamaan sebagai strategi mewujudkan profil pelajar Pancasila di UPT SMPN 2 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayati, Nurlaily (2023) Implementasi budaya keagamaan sebagai strategi mewujudkan profil pelajar Pancasila di UPT SMPN 2 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurlaily Hidayati_D01219045.pdf

Download (2MB)

Abstract

Budaya Keagamaan merupakan kegiatan yang setiap harinya dilakukan oleh peserta didik beserta warga yang ada di UPT SMP Negeri 2 Gresik, dengan kebiasaan-kebiasaan yang telah dilakukan maka diharapkan dapat membentuk peserta didik yang memiliki latar belakang profil pelajar pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji beberapa masalah yaitu (1) bentuk-bentuk budaya keagamaan yang ada di UPT SMP Negeri 2 Gresik. (2) Upaya UPT SMP Negeri 2 Gresik membentuk profil pelajar pancasila. (3) Implementasi budaya keagamaan sebagai strategi mewujudkan profil pelajar pancasila. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan merupakan hasil dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang dilakukan melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukan hasil bahwa (1) Budaya keagamaan yang ada di UPT SMP Negeri 2 Gresik memiliki pengaruh terhadap peserta didik. (2) UPT SMP Negeri 2 Gresik membentuk peserta didik sesuai dengan dimensi yang ada di profil pelajar pancasila. (3) Implementasi budaya keagamaan dapat membantu terwujudnya peserta didik yang memiliki latar belakang profil pelajar pancasila.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayati, Nurlailyhidayatinurlaily3@gmail.comD01219045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFuad, Zakkiah.zakki.fuad@uinsby.ac.id2027047401
Thesis advisorSutikno, Sutiknonohsutik@yahoo.co.id2006086803
Subjects: Budaya Islam
Budaya - Agama
Keywords: Budaya keagamaan; profil pelajar Pancasila
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurlaily Hidayati
Date Deposited: 02 Nov 2023 09:47
Last Modified: 02 Nov 2023 09:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66166

Actions (login required)

View Item View Item