Strategi dakwah Ustad Toha Abrori di masa pandemi covid-19 di Desa Mayangkawis Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prayoga, Uma Ageng Pathu (2023) Strategi dakwah Ustad Toha Abrori di masa pandemi covid-19 di Desa Mayangkawis Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Uma Ageng Pathu Prayoga_B71218087.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana strategi yang digunakan Ustad Toha Abrori saat berdakwah di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bertempat di Desa Mayangkawis, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi yang digunakan Ustad Toha Abrori ketika berdakwah di masa-masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Peneliti melakukan observasi di tempat yang diteliti. Selain itu, peneliti juga mewawancarai Ustad Toha Abrori sebagai narasumber utama. Peneliti juga melakukan wawancara kepada key informan yang telah peneliti petakan sebelumnya supaya mendapatkan informasi atau data yang diinginkan. Kemudian, data yang didapatkan dianalisis dengan teknik analisis Miles & Huberman dengan mereduksi data, penyajian data, lalu penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam berdakwah di masa pandemic Covid-19, Ustad Toha Abrori memanfaatkan sosial media berupa fanpage yang ada di Facebook. Lalu strategi yang digunakan yaitu dengan menggunakan strategi ta’lim. Artinya, metode yang digunakan Ustad Toha Abrori adalah dakwah bil-lisan atau lebih tepatnya metode ceramah. Sementara itu, dalam memilih mad’u atau sasaran dakwahnya, Ustad Toha Abrori fokus kepada para pemuda terkhusus jemaatnya sendiri. Pesan dakwah yang ditransformasikan kepada mitra dakwah atau jamaahnya tergantung kepada kitab yang dibahas. Dalam mentransformasikan pesan dakwahnya ia menggunakan media sosial seperti Facebook dan YouTube. Terakhir, dalam melaksanakan dakwahnya melakukan live streaming di hari-hari tertentu sesuai rutinan yang telah disepakati sebelumnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Prayoga, Uma Ageng Pathuprayoga203@gmail.comB71218087
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPrihananto, Prihanantoprih4n4nto@gmail.com2030126801
Subjects: Dakwah > Dakwah, Strategi
Keywords: Strategi dakwah; covid-19
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Uma Ageng Pathu Prayoga
Date Deposited: 23 Oct 2023 02:50
Last Modified: 23 Oct 2023 02:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66167

Actions (login required)

View Item View Item