Upaya pengembangan ekonomi kreatif masyarakat Dusun krajan melalui peningkatan kemampuan seni lukis di Desa Penanggal Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurhasanah, Firda Ayu (2023) Upaya pengembangan ekonomi kreatif masyarakat Dusun krajan melalui peningkatan kemampuan seni lukis di Desa Penanggal Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Firda Ayu Nurhasanah_B02219014.pdf

Download (13MB)

Abstract

Firda Ayu N, NIM. B02219014, (2023). Upaya Pengembangn Ekonomi Kreatif Masyarakat Dusun Krajan Melalui Peningkatan Kemampuan Seni Lukis di Desa Penanggal Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang. Skripsi ini membahas tentang mengembangkan ekonomi kreatif melalui asset alam dan potensi yang dimiliki dengan mengelola limpahan jerami dan sisa panen yang nantinya abu jerami tersebut dijadikan bahan karya lukis serta skill melukis yang dimiliki salah satu warga Dusun krajan dapat berperan dalam memberdayakan masyarakat dengan membangun suatu lapangan pekerjaan atau mempekerjakan warga Dusun Krajan. Metode yang digunakan dalam pendampingan kelompok usaha yaitu dengan pendekatan ABCD yang dimana metode ini lebih mengutamakan asset dan potensi yang ada di masyarakat agar dapat dimanfaatkan dengan baik. Pendekatan asset juga disempurnakan melalui metode AI (Appreciative Inquiry) yang meliputi 5D(Discovery, Dream, Design, Define, dan Destiny) dengan melakukan analisis evaluasi menggunakan MSC (Most Significant Change) dan leaky bucket. Hasil proses pendampingan ini adalah munculnya kesadaran masyarakat Dusun krajan akan asset alam dan potensi yang memanfaatkan limpahan jerami yang kurang dimanfaatkan, lalu dijadikan bahan media seni lukis. Terbentuknya kelompok usaha dalam mengembangkan ekonomi kreatif melalui usaha kreatif karya seni lukis berbahan abu jerami, kegiatan pemberdayaan tersebut sesuai dengan pengamalan Qs. Al-Maidah (5) ayat 2.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurhasanah, Firda Ayufirdayu06@gmail.comB02219014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitriyah, Ries Dyahrisdyah@uinsby.ac.id2019047802
Subjects: Ekonomi
Keterampilan
Pemberdayaan
Keywords: Pemberdayaan; kemampuan seni lukis; usaha kreatif
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Firda Ayu Nurhasanah
Date Deposited: 18 Oct 2023 05:02
Last Modified: 18 Oct 2023 05:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66171

Actions (login required)

View Item View Item