Analisis hukum Islam terhadap perlindungan hak anak dalamkeluarga poligami di Desa Patemon Kecamatan Sawahan Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Safitri, Elsa Fadhilah (2023) Analisis hukum Islam terhadap perlindungan hak anak dalamkeluarga poligami di Desa Patemon Kecamatan Sawahan Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Elsa Fadhilah Safitri_C01218011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Hukum Islam Terhadap Perlindungan Hak-Hak Anak Dalam Keluarga Poligami di Desa Petemon Kecamatan Sawahan Surabaya” merupakan hasil penelitian lapangan untuk menjawab rumusan masalah terkait bagaimana implementasi perlindungan hak-hak anak pada keluarga poligami di Desa Patemon Kecamatan Sawahan Surabaya dan bagaimana analisis hukum Islam terhadap hak-hak anak dalam keluarga poligami di Desa Patemon Kecamatan Sawahan Surabaya. Skripsi ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) yakni mengamati lansung ke objek yang diteliti, bersifat kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Setelah itu, data yang sudah terkumpul kemudian dikaji dengan metode deskriptif-analisis dengan menggunakan pola pikir induktif. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat 3 keluarga yang melakukan poligami. Akan tetapi 2 diantaranya orang tua sudah bersikap adil kepada anak-anaknya dan terdapat 1 keluarga yang tidak bersikap adil kepada anak-anaknya. Tidak bersikap adilnya yakni orang tua poligami belum bisa memberikan hak nasab dan memberikan nama baik kepada anak yang berasal dari pernikahan poligami. Lalu, orang tua belum bisa memberikan hak atas air susu ibu (ASI) sepenuhnya kepada anak, dan memberikan kamar tidur terpisah kepada anak pada saat sudah baligh. Kemudian dikaji dengan menggunakan metode hukum Islam serta KHI bagian IX pasal 55 ayat (b) dan pasal 58 No 1 ayat (c). Dari ketiga permasalahan poligami, peneliti menyimpulkan bahwa kepada para pelaku poligami harus peduli juga dengan anak-anak. Terutama mengenai hak-hak perlindungan anaknya, seperti: segera memberikan nasab atau nama baik, sebagai orang tua berhak membagi rata kepemilikan harta benda untuk anak, serta para pelaku poligami wajib berlaku adil kepada anak-anaknya. Dan untuk seseorang laki-laki yang ingin melakukan poligami, harus melihat kondisi keluarganya terlebih dahulu supaya poligami dilakukan tidak atas dasar nafsu atau ego sesaat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Safitri, Elsa Fadhilahsisil4209@gmail.comC01218011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArif, Mohammadarifradhi18@gmail.com2018017002
Subjects: Hukum Islam
Poligami
Keluarga > Keluarga - Anak
Keywords: Hukum Islam; hak anak; keluarga poligami
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Elsa Fadhilah Safitri
Date Deposited: 20 Oct 2023 01:04
Last Modified: 20 Oct 2023 01:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66178

Actions (login required)

View Item View Item