Implementasi metode menghafal asmaul husna melalui gerakan tangan dalam membentuk kecerdasan moral spiritual anak di TK Muslimat NU 200 Kureksari Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ruwaidah, Nurir (2023) Implementasi metode menghafal asmaul husna melalui gerakan tangan dalam membentuk kecerdasan moral spiritual anak di TK Muslimat NU 200 Kureksari Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurir Ruwaidah_D99219059.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya orang tua dan guru dalam memberikan stimulasi dan bimbingan yang dapat mengembangkan berbagai potensi kecerdasannya termasuk aspek keagamaan seperti mengenalkan asmaul husna sejak dini. Penggunaan metode yang kreatif dalam mengajarkan asmaul husna sangat penting karena dapat menjaga minat anak dan membantu mereka menghafal lebih efektif. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pelaksanaan metode menghafal asmaul husna di TK Muslimat NU 200 Kureksari Sidoarjo. (2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan metode menghafal asmaul husna dengan gerakan tangan dalam membentuk kecerdasan moral spiritual anak di TK Muslimat NU 200 Kureksari Sidoarjo.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara,dan dokumentasi. Kemudian data yang telah terkumpul akan dilakukan proses analisis data dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan metode menghafal asmaul husna di TK Muslimat NU 200 Kureksari Sidoarjo telah terlaksana dengan baik dengan melibatkan guru yang telah mengikuti pelatihan, mengikuti buku panduan , dan mengadakan rapat perencanaan mingguan serta melakukan evaluasi hasil. Sebagian anak sudah mampu menghafal lafal, arti dan gerakan asmaul husna namun ada beberapa anak yang malas gerak dan kurang fokus sehingga kurang dapat menghafal ketiganya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ruwaidah, Nurirnurirwdh@gmail.comD99219059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDwijo, Al Qudus Nofiandri Eko Sucipto-197311162007101001
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii.iwa@gmail.com2020117003
Subjects: Asmaul Husna
Kecerdasan
Spiritualisme
Keywords: Gerakan tangan; implementasi; menghafal asmaul husna; kecerdasan moral spiritual
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Nurir Ruwaidah
Date Deposited: 20 Oct 2023 01:21
Last Modified: 20 Oct 2023 01:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66184

Actions (login required)

View Item View Item