Pengembangan alat penilaian pembelajaran matematika berstandar AKM menggunakan quizizz untuk meningkatkan minat belajar peserta didik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nadhiroh, Lathifatun (2023) Pengembangan alat penilaian pembelajaran matematika berstandar AKM menggunakan quizizz untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lathifatun Nadhiroh_D74217089.pdf

Download (10MB)

Abstract

Pada penelitian ini dikembangkan alat penilaian pembelajaran matematika berstandar AKM menggunakan Quizizz untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui l) kevalidan alat penilaian, 2) kepraktisan alat penilaian, 3) keefektifan alat penilaian, 4) reliabilitas alat penilaian, 5) tingkat kesukaran butir soal. 6) daya pembeda tiap butir soal, serta 7) perubahan minat belajar peserta didik antara sebelum dan sesudah penggunaan alat penilaian yang dikembangkan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan yang mengadaptasi enam tahapan dari sepuluh tahapan yang ada pada model pengembangan menurut Sugiyono, serta ditambah tahapan publikasi hasil produk. Produk yang dikembangkan berupa kuis online menggunakan aplikasi Quizizz yang berisikan soal-soal berstandar AKM dengan pokok materi urutan dan operasi bilangan pada kelas VII. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Bilingual Darul Jannah Al-Ma•wa. Pemilihan subjek uji coba dilakukan secara acak. dipilih satu kelas dari dua kelas yang ada. Data pada penelitian ini diperoleh melalui instrumen-instrumen yang berupa lembar validasi. angket respon peserta didik, instrumen soal tes. dan angket minat belajar peserta didik. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data. diketahui bahwa l) Alat penilaian yang dikembangkan berkategori valid, dengan nilai rata-rata validasi ahli materi 4,()4 data rata-rata validasi ahli media 3,82; 2) Alat penilaian dikatakan praktis karena pada aspek teori mendapatkan nilai 78,88 dengan kategori B. sedangkan secara praktik memperoleh rata-rata persentase respon peserta didik sebesar 3) Alat penilaian telah memenuhi kategori efektif dan dapat digunakan, karena nilai persentase ketuntasannya mencapai 65%: 4) Instrumen soal dari alat penilaian yang dikembangkan reliabel, karena memiliki koefisien reliabilitas 0,633; 5) Dari 5 butir soal yang ada, terdapat 2 butir soal yang termasuk kategori mudah dan 3 butir soal yang termasuk dalam kategori sedang; 6) Indeks daya pembeda dari 5 butir soal yang ada, terdapat 2 butir soal yang masuk dalam kategori memuaskan dan 3 butir soal sangat memuaskan; 7) Terdapat peningkatan minat belajar peserta didik setelah penggunaan alat penilaian menggunakan Quizizz sebesar 8%, dari yang awalnya 79% menjadi 87%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nadhiroh, Lathifatunlathifatunnadhiroh@gmail.comD74217089
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKurniawan, Agus Prasetyosugaghost@gmail.com2021088301
Thesis advisorSuparto, Supartozakfikam@gmail.com2002046903
Subjects: Matematika
Pendidikan > Tes Belajar
Teknologi
Keywords: Alat penilaian; AKM; quizizz; minat belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lathifatun Nadhiroh
Date Deposited: 19 Oct 2023 07:23
Last Modified: 19 Oct 2023 07:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66186

Actions (login required)

View Item View Item