Analisis faktor faktor yang mempengaruhi tingkat kemiskinan di Kampung Pemulung Makam Rangkah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Septiani, Arinda (2023) Analisis faktor faktor yang mempengaruhi tingkat kemiskinan di Kampung Pemulung Makam Rangkah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arinda Septiani_G91219067.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kemiskinan merupakan suatu permasalahan yang sangat global yang menjadi problematika di setiap negara di seluruh dunia tanpa terkecuali Indonesia. Permasalahan kemiskinan banyak ditemukan pada kota-kota besar tanpa terkecuali Kota Surabaya. Penelitian berjudul “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kemiskinan di Kampung Pemulung Makam Rangkah Surabaya” merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menjawab seberapa besar pengaruh pendidikan, jumlah keluarga, dan penguasaan teknologi terhadap tingkat kemiskinan di Kampung Pemulung Makam Rangkah Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang kemudian dianalisa dengan menggunakan penjabaran deskriptif. Teknik pengumpulan data berasal dari observasi, wawancara dan penyebaran kuesioner secara langsung sebanyak 85 responden/sampel dari 575 populasi. Pengujian data dilakukan menggunakan uji validitas, reabilitas, uji asumsi klasik, serta menggunakan analisis regresi linier berganda menggunakan bantuan Software SPSS 26 for windows. Hasil pengolahan serta analisis data menunjukkan bahwa Secara simultan, ketiga variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap tingkat kemiskinan dengan probably sebesar 0,002. Secara parsial, variabel penguasaan teknologi, pendidikan SMA, dan Sarjana berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemiskinan dengan probably masing-masing dibawah 0,05. Saran dari hasil penelitian hendaknya Pemerintah meningkatkan lagi penyediaan bantuan untuk sarana dan prasarana pendidikan baik formal mupun informal secara merata, penyediaan lapangan pekerjaan, pelatihan dunia digital, dan juga perhatian kesehatan lingkungan sebagai peningkatan modal yang lebih baik bagi masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Septiani, Arindaarindaseptiani01@gmail.comG91219067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYudha, Ana Toni Roby Candraanatoniroby@uinsby.ac.id2024018703
Subjects: Ekonomi
Kemiskinan
Keywords: Kemiskinan; pendidikan; jumlah keluarga; penguasaan teknologi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Arinda Septiani
Date Deposited: 19 Oct 2023 03:48
Last Modified: 19 Oct 2023 03:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66193

Actions (login required)

View Item View Item