Jihad perempuan milenial karya Anisa: analisis framing Robert N. Entman

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Sonia (2023) Jihad perempuan milenial karya Anisa: analisis framing Robert N. Entman. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sonia Rahmawati_E91218101.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang makna baru jihad yang kerap memiliki makna yang salah dan membuat agama Islam hancur seperti melakukan tindakan perang atau bom bunuhdiri yang menganggap bahwa perbuatan tersebut adalah mati syahid. Sehingga pada pembahasan skripsi ini membahas jihad dengan sudut pandang pada buku Jihad Perempuan Milenial karya Anisa yang fokus terhadap peran perempuan milenial, Anisa adalah penulis buku “Jihad Perempuan Milenial”, Anisa berasal dari kota Bandung Pandeglangan. Sejak tahun 2016 Anisa sudah membuat karya dengan menulis buku termasuk buku “Jihad Perempuan Milenial” pada buku tersebut membahas tentang pemaknaan jihad yang sangat luar biasa untuk perempuan di zaman milenial, sehingga buku tersebut memberikan pandangan lain tentang jihad terutama untuk perempuan. Adapun permasalahan pertama yaitu bagaimana konsep jihad seorang perempuan yang terdapat pada buku jihad perempuan milenial. Permasalahan yang kedua yaitu bagaimana jihad dalam prespektif analisis framing Robert N. Entman dalam buku jihad perempuan milenial. Sehingga pembimbing mengarahkan untuk peneliti menggunakan metode penelitian library research yang bersifat deskriptif analisis. Hasil dari penelitian ini, yaitu jihad seorang perempuan adalah sebagai ibu atau istri dalam keluarga, dan mengikuti gerakan atau komunitas perempuan untuk memajukan perempuan dengan bakat dan apa yang perempuan milenial miliki saat ini menjadi benteng bagi negara, keluarga dan masyarakat. Serta framing dari Robert N. Entman menjadi sumber wacana yang kuat dengan hasil framing yang sudah melewati tahap penyeleksi kembali dalam seleksi isu dan penonjolan aspek bahkan dengan beberapa elemen pada framing Robert N. Entman dari mengidentifikasi masalah hingga penyelesaiannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Soniasoniarahmawati199@gmail.comE91218101
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRofhani, Rofhanirofhani@uinsby.ac.id2030017101
Subjects: Jihad
Teknologi
Wanita
Keywords: Jihad; perempuan milenial; analisis framing Robert N. Entman
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Sonia Rahmawati
Date Deposited: 23 Oct 2023 08:53
Last Modified: 23 Oct 2023 08:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66203

Actions (login required)

View Item View Item