Analisis produk dan layanan perbankan dalam meningkatkan jumlah nasabah di PT BPR Syariah Madinah Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wardani, Eky Kusuma (2023) Analisis produk dan layanan perbankan dalam meningkatkan jumlah nasabah di PT BPR Syariah Madinah Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eky Kusuma Wardani_G04219025.pdf

Download (4MB)

Abstract

Produk maupun layanan yang akan peneliti bahas kali ini terdiri dari produk penghimpunan dana, produk penyaluran dana, serta layanan jasa. Dalam hal ini, peneliti akan menganalisis apa saja indikator yang harus diterapkan dalam produk dan layanan tersebut agar jumlah nasabah Bank Madinah Lamongan bisa mengalami peningkatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana produk dan layanan dalam meningkatkan jumlah nasabah di Bank Madinah Lamongan. Penelitian ini berjenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Guna menjawab persoalan yang ada, peneliti menggunakan dua teknik pengumpulan data yang meliputi wawancara dan dokumentasi yang melibatkan beberapa rangkaian kegiatan seperti penyusunan pertanyaan, wawancara, mengumpulkan data, mengolah data, kemudian menganalisis data yang telah diperoleh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk penghimpunan dana terdiri dari tabungan dan deposito yang dijalankan menggunakan akad mudharabah dan wadiah. Adapun produk pembiayaan meliputi pembiayaan dengan sistem bagi hasil (musyarakah) dan pembiayaan dengan prinsip jual beli (murabahah). Sedangkan layanan jasa yang disediakan yaitu madinah payment system. Dalam hal ini, terdapat tiga indikator yang harus diperhatikan oleh Bank Madinah Lamongan agar dapat meningkatkan jumlah nasabahnya, yakni kualitas pelayanan, promosi, serta bagi hasil. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pihak manajemen Bank Madinah Lamongan agar terus memperhatikan tiga indikator peningkatan jumlah nasabah tersebut. Bank Madinah harus memberikan pelayanan yang berkualitas agar dapat memberikan kepuasan dalam diri nasabah. Bank Madinah juga harus gencar melakukan promosi dan mengembangkan bagi hasilnya agar semakin banyak masyarakat yang mengetahui produk dan layanan yang disediakan. Kata kunci : penghimpunan dana, penyaluran dana, layanan jasa, peningkatan jumlah nasabah

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wardani, Eky Kusumaekykusumawardani10@gmail.comG04219025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHimami, Fatikulfatikul.himami@gmail.com2023098002
Subjects: Bank Islam
Mudarabah
Murabahah
Keywords: Penghimpunan dana; penyaluran dana; layanan jasa; peningkatan jumlah nasabah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Eky Kusuma Wardani
Date Deposited: 20 Oct 2023 01:53
Last Modified: 20 Oct 2023 01:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66209

Actions (login required)

View Item View Item