Pengaruh potongan harga, gratis ongkos kirim dan live streaming shopping terhadap keputusan pembelian produk the originote dengan minat beli sebagai variabel mediasi: studi pada mahasiswa pengguna tiktok shop di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qonita, Salma (2023) Pengaruh potongan harga, gratis ongkos kirim dan live streaming shopping terhadap keputusan pembelian produk the originote dengan minat beli sebagai variabel mediasi: studi pada mahasiswa pengguna tiktok shop di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Salma Qonita_G93219094 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Salma Qonita_G93219094.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Potongan Harga, Gratis Ongkos Kirim Dan Live Streaming Shopping Terhadap Keputusan Pembelian Produk The Originote Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Tiktok Shop Di Surabaya)” ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan menganalisis pengaruh langsung potongan harga, gratis ongkos kirim, live streaming shopping terhadap minat beli dan keputusan pembelian, serta pengaruh secara tidak langsung potongan harga yang dimediasi oleh minat beli terhadap keputusan pembelian. Dengan berkembangnya penggunaan internet serta canggihnya teknologi, kini terdapat sebuah tren baru pada bidang bisnis online yakni social commerce. Maka, dengan adanya tren baru seperti social commerce ini terciptalah peluang baru untuk meningkatkan penjualan produk. Salah satu produk yang cukup berkembang pesat penjualannya di social commerce yaitu produk kecantikan yakni skincare. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif eksplanatory research, data primer dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner online dan offline dengan skala likert 1-5. Sampel penelitian ini adalah pengguna mahasiswa di Surabaya yang pernah melakukan pembelian produk the Originote dan menonton live streaming berlangsung di TikTok Shop. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan total sampel sebanyak 383 orang. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM- PLS) dengan software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Potongan harga, gratis ongkos kirim, dan live streaming shopping berpengaruh terhadap keputusan pembelian. (2) Potongan harga, gratis ongkos kirim, dan live streaming shopping berpengaruh terhadap minat beli. (3) Potongan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui minat beli dengan hasil mediasi tergolong pada mediasi parsial. Hasil lain juga menunjukkan bahwa live streaming shopping memiliki pengaruh lebih tinggi dibanding variabel independen lainnya. Dari hasil penelitian ini, terdapat saran yakni penjual (streamer) diharuskan memiliki kreativitas yang tinggi agar dapat menarik minat calon pembeli yang menonton siaran langsung, memberikan berbagai macam promosi sehingga dapat menimbulkan minat beli atau bahkan menuju pada keputusan pembelian, serta memberikan informasi produk secara nyata atau jujur dan berinteraksi sebaik mungkin dengan calon pembeli agar menimbulkan rasa percaya dan keiniginan akan produk yang ditawarkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qonita, Salmasalmasq13@gmail.comG93219094
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFatmah, Fatmahfatmah@uinsby.ac.id197507032007012020
Thesis advisorSaifuddin, Muchammadsaifuddin@uinsby.ac.id0713038601
Subjects: Ekonomi
Manajemen
Pemasaran
Keywords: Potongan harga; gratis ongkos kirim; live streaming shopping; minat beli; keputusan pembelian
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: PENGARUH P SALMA QONITA
Date Deposited: 30 Nov 2023 07:48
Last Modified: 30 Nov 2023 07:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66210

Actions (login required)

View Item View Item