Representasi peran pemuda muslim sebagai pesan dakwah dalam film Ketika Cinta Bertasbih 1: analisis wacana Teun A. Van Dijk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muzhaqi, Afief Maulana (2022) Representasi peran pemuda muslim sebagai pesan dakwah dalam film Ketika Cinta Bertasbih 1: analisis wacana Teun A. Van Dijk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Afief Maulana Muzhaqi_B01218001.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi peran pemuda muslim sebagai pesan dakwah dalam Film Ketika Cinta Bertasbih 1, serta untuk menganalisis dimensi tekstual, kognisi sosial, dan konteks sosial yang ada pada Film Ketika Cinta Bertasbih 1 Untuk menjawab permasalahan secara mendalam, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis analisis wacana model Teun A. Van Dijk. Data penelitian ini dikumpulkan dengan metode pengamatan dan dokumentasi, kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan wacana model Teun A. Van Dijk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran pemuda muslim sebagai pesan dakwah direpresentasikan dalam sosok pemuda yang memegang teguh ajaran dan syariat Islam ditengah arus globalisasi. Peran pemuda muslim yang ditonjolkan dalam film ini membawa rahmat bagi sesamanya. Hal ini terlihat pada setiap ucapan, perilaku, maupun tindakannya yang membawa kesejukan, teladan, dan contoh bagi sesamanya. Rekomendasi dalam Skripsi ini supaya kedepannya dapat menjadi acuan kepada peneliti-peneliti selanjutnya yang ingin mengkaji Skripsi tentang Representasi Peran Pemuda Muslim sebagai Pesan Dakwah dalam Film Ketika Cinta Bertasbih 1 dengan menggunakan model analisis wacana Teun A. Van Dijk.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muzhaqi, Afief Maulanaafiefmaulanamuzhaqi@gmail.comB01218001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhriyah, Luluk Fikrielfikrizz@yahoo.com2004126901
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Keywords: Representasi, Peran Pemuda Muslim, Pesan Dakwah; film Ketika Cinta Bertasbih 1; analisis wacana Teun A. Van Dijk
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: AFIEF MAULANA MUZHAQI
Date Deposited: 23 Oct 2023 05:34
Last Modified: 23 Oct 2023 05:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66212

Actions (login required)

View Item View Item