Partisipasi masyarakat dalam pencegahan politik uang pada pemilihan kepala daerah Kabupaten Bojonegoro 2024

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fajar, Siti Dewi (2023) Partisipasi masyarakat dalam pencegahan politik uang pada pemilihan kepala daerah Kabupaten Bojonegoro 2024. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Dewi Fajar_I01219034.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Siti Dewi Fajar_I01219034_Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu bagaimana pandangan masyarakat terhadap politik dan bagaiamana praktek pengawasan masyarakat Bojonegoro terhadap politik uang. Dari rumusan tersebut terdapat sebuah sub pembahasan didalamnya, antara lain pembahasan mengenai pro tidaknya masyarakat Bojonegoro terhadap politik uang dan pencegahan masyarakat melalui kampung anti politik. Untuk menjawab permasalahan ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dalam penelitian kualitatif ini, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam dan dokumentasi serta sumber data yang diambil dari masyarakat Bojonegoro, dan staf Bawaslu, dengan menggunakan teori utamanya teori pengawasan partisipatif dan teori pendukung yakni elektoral integrity. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa pandangan masyarakat Bojonegoro pada umumnya menyatakan setuju dengan adanya politik uang pada pemilihan kepala daerah serentak, dikarenakan tingkat ekonomi rendah dan rendahnya pengetahuan masyarakat tentang politik. Akibat dari situasi tersebut adalah terpilihnya pemimpin melalui proses demokrasi yang kurang jujur, di mana asas luber jurdil tidak diterapkan dengan baik. Guna mengurangi dampak negatif ini, salah satu solusinya yaitu melibatkan masyarakat dalam pengawasan pemilu. Dengan partisipasi masyarakat yang lebih aktif, kepercayaan mereka terhadap integritas proses dan hasil pemilihan umum akan meningkat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fajar, Siti Dewidewyfajar0706@gmail.comI01219034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRolis, Moh. Ilyasilyasrolis@gmail.com2018047701
Subjects: Politik
Keywords: Partisipasi; politik uang; pilkada
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Siti Dewi Fajar
Date Deposited: 28 Nov 2023 01:40
Last Modified: 28 Nov 2023 07:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66216

Actions (login required)

View Item View Item