Pengaruh audit opinion, profitabilitas, leverage dan audit effort terhadap audit delay pada perusahaan di industri manufaktur periode 2017-2021

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pancarani, Juleta Putri (2023) Pengaruh audit opinion, profitabilitas, leverage dan audit effort terhadap audit delay pada perusahaan di industri manufaktur periode 2017-2021. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Juleta Putri Pancarani_G02219016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Laporan keuangan yang disusun sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) wajib disampaikan oleh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Audit delay adalah jarak waktu untuk menyelesaikan audit dalam laporan keuangan yang bisa dihitung dengan didasarkan pada berapa lama waktu (dalam hari) untuk menerima laporan auditor independen. Penelitian ini menggunakan variabel opini audit, profitabilitas, leverage, audit effort dan audit delay. Penelitian ini menggunakan perusahaan manufaktur yang menjadi subjek penelitian karena perusahaan manufaktur saat ini merupakan industri yang paling banyak mendongkrak perkembangan perekonomian di Indonesia. Perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman merupakan salah satu bagian dari perusahaan manufaktur sektor industri konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sub sektor ini juga tahan terhadap krisis ekonomi. Selain itu alasan penggunaan perusahaan ini karena perusahaan sub sektor makanan dan minuman adalah perusahaan yang memiliki potensi berkembang lebih baik, penjualannya selalu meningkat dan dibarengi dengan laba yang berfluktuatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh ini audit opini ,profitabilitas, leverage dan audit effort terhadap audit delay pada perusahaan manufaktur sektor industri makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2017-2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel pada penelitian ini yaitu 26 perusahaan yang diperoleh melalui metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan software SPSS 26, serta menggunakan metode analisis regresi berganda. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa opini audit tidak berpengaruh terhadap audit delay, profitabilitas tidak berpengaruh terhadap audit delay, leverage tidak berpengaruh terhadap audit delay dan audit effort tidak berpengaruh terhadap audit delay. Opini audit, profitabilitas, leverage dan audit effort secara simultan tidak berpengaruh terhadap audit delay. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada perusahaan untuk mengamati variabel-variabel tersebut dengan segala kemungkinan variabel lain yang menyebabkan audit delay. Selain itu, diharapkan peneliti selanjutnya dapat menambah faktor dan teori lain yang berkaitan dengan audit delay.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pancarani, Juleta Putrijuletapv0715@gmail.comG02219016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKoerniawati, Dwinia.dkw01@gmail.com--
Subjects: Administrasi
Akuntansi
Ekonomi
Keywords: Opini audit; profitabilitas; leverage; audit effort; audit delay
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: S.Ak Juleta Putri Pancarani
Date Deposited: 23 Oct 2023 05:41
Last Modified: 23 Oct 2023 05:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66218

Actions (login required)

View Item View Item