Pengembangan buku Lunar untuk pengenalan arah kiblat pada anak usia 1-7 tahun dengan visualisasi animasi berbasis cerita anak

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chairunisa, Charmelia (2023) Pengembangan buku Lunar untuk pengenalan arah kiblat pada anak usia 1-7 tahun dengan visualisasi animasi berbasis cerita anak. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Charmelia Chairunisa_C06219008.pdf

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini menjawab dua rumusan masalah yang menjadi tujuan penelitianya itu langkah perancangan buku LUNAR sebagai media pengenalan ilmu falak bagi anak usia dini. Serta mengetahui konsep buku LUNAR sebagai media pengenalan sehingga dapat dipahami dan disenangi anak usia dini. Perancangan ini menggunakan metode Research and Development atau dikenal dengan R&D dengan prosedur meliputi tahap: melakukan penelitian dan pengumpulan informasi, merencanakan, mengembangkan bentuk awal produk, uji coba kelompok kecil, revisi produk utama, uji coba kelompok besar, revisi produk operasional, uji coba produk akhir, revisi produk akhir, diseminasi dan implementasi. Serta jenis data yang penulis gunakan adalah kualitatif yang diambil dari kritik dan saran ahli materi, ahli media dan uji kelompok. Hasil dari perancangan ini menyimpulkan: pertama, langkah perancangan yang dimulai dari pembuatan sketsa, pewarnaan dan penyisipan kata. Kedua, konsep perancangan yang meliputi dua tahap yaitu konsep strategi komunikasi dan konsep strategi visualisasi. Konsep strategi komunikasi metiputi: tema, alurdan plot, latar tempat dan storyline. Konsep strategi visualisasi yang meliputi: pemilihanwarna, pemilihantipografi, layout dan perencanaan tokoh. Sejalan dengan hasil perancangan, maka menyarankan: Pertama, dengan adanya perancangan ini, maka diharapkan terdapat perancangan serupa yang cakupannya lebih luas. Kedua, melakukan perancangan media cetak bagi anak tetap memperhatikan bahasa yang mudah untuk dipahami, serta memperhatikan visual yang akan ditampilkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chairunisa, Charmeliacharmeliachairunisa@gmail.comC06219008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSolikin, Agusagussolikin2@gmail.com0716088604
Subjects: Astronomi
Belajar
Falak
Keywords: Buku Lunar; arah kiblat; anak usia 1-7 tahun; visualisasi animasi; cerita anak
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Charmelia Chairunisa
Date Deposited: 24 Oct 2023 04:26
Last Modified: 24 Oct 2023 04:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66225

Actions (login required)

View Item View Item