Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT) dengan teknik dispute kognitif untuk mengatasi kurangnya rasa percaya diri dalam bersosialisasi pada seorang remaja di Candi Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Imansari, Khofifah Rahmah (2023) Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT) dengan teknik dispute kognitif untuk mengatasi kurangnya rasa percaya diri dalam bersosialisasi pada seorang remaja di Candi Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khofifah Rahmah Imansari_B03219026.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana REBT dengan Teknik Dispute Kognitif untuk Mengatasi Kurangnya Rasa Percaya Diri dalam Bersosialisasi pada Seorang Remaja di Candi Sidoarjo, 2) Untuk mengetahui dampak dari REBT dengan Teknik Dispute Kognitif untuk Mengatasi Kurangnya Rasa Percaya Diri dalam Bersosialisasi pada Seorang Remaja di Candi Sidoarjo. Untuk menjawab pertanyaan tersebut peneliti menggunakan penelitian dengan metode penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mempelajari suatu masalah dalam konteks sosial secara ilmiah, dengan mengedepankan proses interaksi komunikasi yang mendalam antara peneliti dengan yang diteliti. Dalam menganalisis proses REBT dengan teknik dispute kognitif, konselor menggunakan tiga strategi yaitu strategi meningkatkan rasa percaya diri, strategi menghilangkan pikiran negatif pada orang disekitarnya dan strategi agar mudah bersosialisasi. Hasil akhir dari REBT dengan teknik dispute kognitif untuk mengatasi kurangnya rasa percaya diri pada seorang remaja dapat dikatakan berhasil karena konseli sudah memenuhi beberapa indikator keberhasilan yaitu mampu untuk mengelola pikiran irasionalnya menjadi lebih rasional, dan mulai memberanikan diri untuk bersosialisasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Imansari, Khofifah Rahmahkhofifahimansari30@gmail.comB03219026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRofiq, Arif Ainurarifainurrofiq@uinsby.ac.id2008087706
Subjects: Bimbingan Konseling
Remaja
Terapi
Keywords: Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT); teknik dispute kognitif; percaya diri
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Khofifah rahmah Imansari
Date Deposited: 24 Oct 2023 01:21
Last Modified: 24 Oct 2023 01:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66227

Actions (login required)

View Item View Item