Pesan dakwah Gus Wafa dalam Novel Cahaya Bintang Terkutuk karya M. Isnan Syah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yakin, Ibnu (2023) Pesan dakwah Gus Wafa dalam Novel Cahaya Bintang Terkutuk karya M. Isnan Syah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ibnu Yakin_B91218111 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Novel Cahaya Bintang Terkutuk merupakan novel tentang kisah seorang anak Kyai dari Genteng, Banyuwangi. Novel ini mengusung sebuah tema tentang arti dari kesabaran dan keikhlasan seorang tokoh dalam memanusiakan manusia yang sedang tersesat. Fokus penelitian ini mengkaji tentang apa pesan dakwah yang disampaikan Gus Wafa di dalam novel Cahaya Bintang Terkutuk? untuk mengidentifikasi masalah tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan dengan perspektif analisis semiotika Charles Sanders Peirce dan jenis pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini: pertama, pesan aqidah mengenai keimanan kepada Allah, alam kubur, qada’ dan qadar yang Allah tetapkan untuk hambanya. Kedua, pesan syariat tentang ibadah dan menjauhi hal-hal yang dilarang oleh Allah. Ketiga, pesan dakwah akhlak antara lain: toleransi, sabar, ikhlas, bersyukur, saling tolong-menolong, berbakti kepada orang tua, dan tidak berperasangka buruk.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yakin, Ibnuibnubkl999@gmail.comB91218111
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAdhitama, Tias Satriotiasadhi78@yahoo.com2009057801
Subjects: Dakwah > Dakwah, Media
Komunikasi
Keywords: Pesan Dakwah; Novel; Semiotika
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mr IBNU YAKIN
Date Deposited: 27 Oct 2023 02:46
Last Modified: 27 Oct 2023 02:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66228

Actions (login required)

View Item View Item