Media dakwah seni hadrah al banjari di Desa Pademonegoro, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alfansyah, Islahul Dhea (2023) Media dakwah seni hadrah al banjari di Desa Pademonegoro, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Islahul Dhea Alfansyah_B91217123.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil dari penelitian lapangan yang berjudul, Media Dakwah Seni Hadrah di Desa Pademonegoro, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo.Rumusan masalah penelitian ini adalah : (1) Bagaimana pelaksanaan seni hadrah di Desa Pademonegoro Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. (2) Bagaimana peran seni hadrah di Desa Pademonegoro Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Informan penelitian ini yaitu anggota Remas, masyarakat setempat. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan kegiatan seni hadrah sangat bermanfaat bagi para pemuda karena turut meramaikan Masjid sebagai tempat ibadah, yakni dengan maulid diba’ setiap satu minggu sekali, safari diba’, mengisi acara pada hari besar, dan turut berpartisipasi dalam menghadiri undangan untuk pertunjukan hadrah, serta mengadakan kegiatan kultum. Dalam peran seni hadrah sebagai media dakwah, peneliti menemukan nilai-nilai yang terkandung dalam kegiatannya yakni nilai religi, nilai moral, dan nilai
sosial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alfansyah, Islahul Dheaalfansyahraden@gmail.comB91217123
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRazi, Fahrurfroziyas@yahoo.co.id2012066901
Subjects: Dakwah > Dakwah - Media
Penyiaran Islam
Musik
Keywords: Seni hadrah; selawat; media dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Islahul Dhea Alfansyah
Date Deposited: 23 Oct 2023 05:38
Last Modified: 23 Oct 2023 05:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66233

Actions (login required)

View Item View Item