Representasi bullying dalam film The Glory (analisis semiotika Charles Sanders Peirce)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholikhah, Maqhfirotus (2023) Representasi bullying dalam film The Glory (analisis semiotika Charles Sanders Peirce). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maqhfirotus Sholikhah_E01219021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan representasi bullying dalam film The Glory. Bullying adalah sebuah tindakan kekerasan yang dilakukan secara sengaja yang mana tindakan tersebut dapat membuat orang lain terganggu baik itu melalui kekerasan verbal, fisik maupun dengan cara pemaksaan secara halus seperti manipulasi. Fokus penelitian ini yaitu representasi bullying yang terkandung dalam film The Glory. Penelitian ini sendiri menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Yang mana Charles Sanders Peirce sendiri mengkategorikan segitiga makna menjadi tiga elemen utama yaitu tanda, objek dan interpretan. Peneliti melakukan analisis terhadap teks dan adegan yang mengandung tindakan bullying yang terdapat dalam film the glory dan kemudian akan dianalisis dengan menggunkana teori semiotika Charles Sanders Peirce.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam film The Glory mengandung banyak jenis adegan bullying. Seperti Bullying verbal sendiri identik dengan bullying tanpa menggunakan kekerasan fisik seperti merendahkan harga diri korban, sedangkan bullying non verbal sendiri identik dengan kekerasan fisik seperti pemukulan, penyikasaan secara fisik dengan alat catok panas, dan pelecehan secara verbal yaitu dengan berkomentar secara cabul dan segala bentuk kekerasan yang dapat melukai fisik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholikhah, Maqhfirotusfirohsholihah@gmail.comE01219021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUdin, Nur Hidayat Wakhidnhwahiduddin@gmail.com2026118001
Subjects: Filsafat
Filsafat > Filsafat Islam
Filsafat > Filsafat Agama
Keywords: Bullying; film the glory; semiotika charles
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Maqhfirotus Partono
Date Deposited: 26 Oct 2023 08:03
Last Modified: 26 Oct 2023 08:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66240

Actions (login required)

View Item View Item