Pengaruh luas lahan pertanian, modal, dan tenaga kerja tani terhadap pendapatan petani padi di Kelurahan Bangkingan Kecamatan Lakarsantri Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lestari, Ratna Indah (2023) Pengaruh luas lahan pertanian, modal, dan tenaga kerja tani terhadap pendapatan petani padi di Kelurahan Bangkingan Kecamatan Lakarsantri Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ratna Indah Lestari_G71219052.pdf

Download (2MB)

Abstract

Indonesia adalah negara agraris yang sebagian penduduknya masih memanfaatkan sumber daya alam untuk dibudidayakan pada sektor pertanian. Pertanian ini sering kali ditemui pada daerah pedasaan yang masih minim akan pembangunan. Dibalik semakin berkembangnya sektor pertanian, permasalahan yang dihadapi yakni masih banyak petani yang hidup miskin, hal ini dikarenakan keterbatasan petani pada kepemilikan lahan, modal serta kemampuan dalam mengelolah faktor produksi lain. Oleh karena itu perlu dilakukanya evaluasi dengan melakukan analisis kuantitatif pada pengaruh faktor produksi terhadap pendapatan petani. Tujuanya yakni untuk melihat faktor produksi manakah yang pengaruhnya tinggi terhadap pendapatan, hal ini dilakukan agar petani mendapatkan pendapatan yang leih tinggi dari sebelumnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif karena pada pelaksanaanya data berdasar pada data primer dan sekunder yang diolah dalam bentuk hitungan dan angka-angka. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 70 responden dengan pengambilan sampel secara Proposional Area Random Sampling. Penelitian ini menggunakan Teknik analisis Regresi Linier Berganda yang analisisnya menggunakan software SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukan secara simultan Bersama-sama variabel luas lahan, modal, dan tenaga kerja berpengaruh terhadap pendapatan dengan nilai F-hitung 49,741 dengan signifikansi 0,000. Luas lahan berpengaruh positif signifikan terhadap pendapatan dengan nilai dari t-hitung lebih besar dari t-tabel sebesar 3,041 > 1,998. Modal berpengaruh positif signifikan terhadap pendapatan dengan nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel sebesar 3,011 > 1,998. Tenaga kerja berpengaruh positif signifkan terhadap pendapatan dengan nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel sebesar 4,750 > 1,998. Pada hasil analisis menunjukkan bawasanya luas lahan, modal, dan tenaga kerja berpengaruh terhadap pendapatan sebesar 65,9% dan sisanya 34% dipengaruhi oleh variabel lain seperti teknologi, iklim, keterampilan, kualitas bibit, penakaran pupuk serta pegetahuan petani. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pihak petani dan pemerintah untuk meningkatkan pendapatan taninya kepada petani yakni, diharapkan tidak hanya fokus pada faktor produksi yang sifatnya primer saja seperti luas lahan, modal, dan tenaga kerja. Petani juga diharapkan fokus ke faktor produksi lain agar pendapatan yang diperoleh menjadi lebih tinggi dari panen sebelumnya. Dan bagi pemerintah desa setempat untuk membantu pemasaran padi dengan tujuan untuk memperleh harga yang lebih tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lestari, Ratna Indahratnaindah257@gmail.comG71219052
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, Liliklilikrahmawati@uinsby.ac.id--
Subjects: Ekonomi
Pertanian
Keywords: Luas lahan; modal; tenaga kerja; pendapatan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Ratna Indah Lestari
Date Deposited: 25 Oct 2023 02:14
Last Modified: 25 Oct 2023 02:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66247

Actions (login required)

View Item View Item