Meningkatkan kemampuan berpikir konvergen siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) berbantu media flash card

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nahdyan, Himmah Fitrotin (2023) Meningkatkan kemampuan berpikir konvergen siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) berbantu media flash card. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Himmah Fitrotin Nahdyan_D94219053.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk menambah wawasan siswa tentang varisai pembelajaran khususnya pada pembelajaran matematika. Selain untuk mengetahui kemampuan berpikir konvergen siswa sebelum dan sesudah diterapkannya pembelajaran matematika kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbantu media Flash Card, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan antara kemampuan berpikir konvergen siswa sebelum dan sesudah diterapkannya pembelajaran matematika kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbantu media Flash Card. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain pada penelitian ini menggunakan one group pretest-posttest design, dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII UPT SMP Negeri 9 Gresik, dan sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling dimana yang terpilih adalah kelas VIII-H UPT SMP Negeri 9 Gresik yang terdiri dari 32 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes tulis yang berupa lembar tes kemampuan berpikir konvergen siswa. Lembar tes kemampuan berpikir konvergen siswa terdiri dari lembar soal pretest dan posttest yang digunakan untuk mengetahui keadaan subjek sebelum dan sesudah diterapkannya pembelajaran matematika kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbantu media Flash Card, sehingga peneliti dapat melihat perbedaan hasil keduanya. Data yang diperoleh dalam penelitian ini selanjutnya akan dianalisis dengan uji statistik parametrik. Kemampuan berpikir konvergen siswa kelas VIII-H UPT SMP Negeri 9 Gresik sebelum diterapkannya pembelajaran matematika kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbantu media Flash Card berdasarkan hasil pretest termasuk dalam kategori sedang dengan rata-rata nilai akhir 57,46, sedangkan Kemampuan berpikir konvergen siswa kelas VIII-H UPT SMP Negeri 9 Gresik sesudah diterapkannya pembelajaran matematika kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbantu media Flash Card berdasarkan hasil posttest termasuk dalam kategori tinggi dengan rata-rata nilai akhir 83,25. Maka, setelah data terkumpul dilakukan uji statistik parametrik dengan menggunakan Uji-t (Paired t-test). hasil uji-t pada hasil pretest dan posttest kemampuan berpikir konvergen siswa dengan nilai Sig. (1-tailed) yaitu 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan antara kemampuan berpikir konvergen siswa sebelum dan sesudah diterapkannya pembelajaran matematika kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbantu media Flash Card.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nahdyan, Himmah Fitrotinhimmah.fitrotin@gmail.comD94219053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunah_iain@yahoo.com--
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuni.arrifadah@uinsby.ac.id2005067301
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pembelajaran kooperatif; matematika; team games tournament (TGT); berpikir konvergen; flash card
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: S.Pd HIMMAH FITROTIN NAHDYAN
Date Deposited: 24 Oct 2023 03:20
Last Modified: 24 Oct 2023 03:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66252

Actions (login required)

View Item View Item