السبك النحوي في خطبة منزوعة الراء لواصل بن عطاء

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Atalarifki, Muhammad Galih (2023) السبك النحوي في خطبة منزوعة الراء لواصل بن عطاء. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Galih Atalarifki_A91217123.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kohesi Gramatikal adalah hubungan semantis antar kata atau kalimat yang ditandai dengan alat bahasa yang digunakan dalam kaitannya dengan tata Bahasa. Kohesi gramatikal memiliki peran untuk memelihara keterkaitan antarkata atau kalimat sehingga wacana menjadi padu. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan kohesi gramatikal yang terkandung serta memnberikan wawasan lebih luas terhadap kajian ilmu teoritik kohesi gramatikal terkait unsur dan bentuknya dalam khutbah yang disampaikan oleh Washil bin ‘Atho. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan data berupa kata atau kalimat dengan sumber data adalah teks khutbah dengan menggunakan pendekatan analisis wacana. Sehingga penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan. Adapun hasil penelitian, ditemukan bahwa di dalam khutbah tanpa huruf ra’ yang disampaikan oleh Washil bin ‘Atho terdapat 392 data kohesi gramatikal meliputi yaitu Referensi (al-ihalah) berjumlah 198 data terdiri dari 94 data berupa dhomir mustatir, 92 data berupa dhomir muttashil, 9 data berupa dhomir munfashil dan 3 data berupa isim maushul. Subtitusi (al-istibdal) berjumlah 3 data yang terdiri dari 1 data berupa al-istibdal al-ismi dan 2 data berupa al-istibdal al-jumali. Elipsis (al-hadzfu) berjumlah 9 data yang terdiri dari 3 data berupa al-hadzfu al-ismi, 1 data berupa al-hadzfu al-fi’li dan 5 data berupa al-hadzfu al-qauli. Serta Konjungsi (al-washlu) berjumlah 82 data yang terdiri dari 71 data berupa al-washlu al-idhofi, 4 data al-washlu al-istidraki dan 7 data berupa al-washlu as-sababi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Atalarifki, Muhammad Galihgalih.atalarifki99@gmail.comA91217123
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorShofiyuddin, Harisharisshofiyuddin@gmail.com2018048201
Subjects: Adab
Bahasa Arab
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Kohesi gramatikal; khutbah; Washil bin ‘Atho; analisis wacana
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Muhammad Galih Atalarifki
Date Deposited: 24 Oct 2023 05:30
Last Modified: 24 Oct 2023 05:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66257

Actions (login required)

View Item View Item