Pengaruh kinerja keuangan, ukuran perusahaan dan stakeholder pressure terhadap pengungkapan sustainability report: studi empiris pada perusahaan LQ45 non-keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2019-2022

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ilham, Igo Fadilah (2023) Pengaruh kinerja keuangan, ukuran perusahaan dan stakeholder pressure terhadap pengungkapan sustainability report: studi empiris pada perusahaan LQ45 non-keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2019-2022. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Igo Fadilah Ilham_G02217013.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pengungkapan sustainability report merupakan bukti tanggung jawab perusahaan terhadap bisnis yang berkelanjutan guna menjaga hubungan baik dengan stakeholder dan memperoleh legitimasi dalam menjaga reputasi dan memperoleh kepercayaan dari para stakeholder dan masyarakat disekitar, pengungkapan sustainability report yang sebelumnya bersifat sukarela kini menjadi wajib, sebagai upaya tata kelola yang berkelanjutan. Namun, tingkat pelaporan sustainability report di Indonesia masih beragam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kinerja keuangan (yang diukur dengan profitabilitas, likuiditas dan aktivitas perusahaan), ukuran perusahaan dan stakeholder pressure (yang diukur dengan tekanan pemegang saham dan karyawan) terhadap pengungkapan sustainability report pada perusahaan LQ45 yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2019-2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif bersifat asosiatif. Dengan 76 data observasi yang didapat dari 19 perusahaan melalui metode purposive sampling dari total popuasi 67 perusahaan LQ45 di Bursa Efek Indonesia selama periode 2019-2022 melalui website resmi www.idx.co.id. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda yang diolah menggunakan aplikasi SPSS ver. 26. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel profitabilitas dan tekanan karyawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan sustainability report, variabel likuiditas, aktivitas perusahaan dan ukuran perusahaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pengungkapan sustainability report, sedangkan variabel tekanan pemegang saham tidak berpengaruh terhadap pengungkapan sustainability report. Penelitian ini memberikan saran bagi pihak manajemen perusahaan untuk selalu menjalankan aktivitas bisnisnya secara profesional. selain itu, perusahaan juga diharapkan lebih transparan dalam memberikan informasi terkait tanggung jawab perusahaan dalam pengungkapan sustainability report terutama dalam hal dampak dan upaya keberlanjutan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ilham, Igo Fadilahigfalh@gmail.comG02217013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahayu, Hastanti Agustinhastanti.rahayu@uinsby.ac.id2008088302
Subjects: Akuntansi
Keywords: Kinerja keuangan; ukuran perusahaan; stakeholder pressure; sustainability report
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Igo Fadilah Ilham
Date Deposited: 24 Oct 2023 08:06
Last Modified: 24 Oct 2023 08:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66259

Actions (login required)

View Item View Item