Efektivitas aplikasi M-Sorogan dalam meningkatkan nilai bacaan al-Quran siswa di SD NU Nurul Ishlah Kebomas Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syamsuddin, Syamsuddin (2022) Efektivitas aplikasi M-Sorogan dalam meningkatkan nilai bacaan al-Quran siswa di SD NU Nurul Ishlah Kebomas Gresik. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syamsuddin_02040820065.pdf

Download (1MB)

Abstract

Al-Quran merupakan pedoman esensial bagi umat islam. Oleh karena itu, sejak islam masuk ke Indonesia pembelajaran membaca al-Quran menjadi budaya yang dilaksanakan terutama di kampung-kampung. Budaya ini dilaksanakan setelah sholat maghrib di masjid, surau, atau dirumahnya ustad (guru agama) dengan menggunakan metode sorogan. Seiring berjalannya waktu terdapat kendala yang melunturkan budaya ini, seperti anak-anak prefer ke les materi pelajaran umum, keterbatasan tempat antara siswa dan guru agama, dan pergeseran teknologi menjadikan anak-anak lebih memilih bermain game atau bermedsos menggunakan smartphone. Perkembangan teknologi ini menuntut inovasi-inovasi dalam pembelajaran. salah satu inovasi pembelajaran adalah pengembangan metode sorogan menjadi m-sorogan. M-Sorogan merupakan mobile learning berbasis android. Media pembelajaran ini digunakan guru dalam pembelajaran al-Quran jarak jauh secara sorogan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis kuasi eksperimen. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa Aplikasi M-Sorogan sangat efektif digunakan dalam meningkatkan bacaan siswa di SD NU Nurul Ishlah. Hal ini dapat diketahui dari berbagai tes yang dilakukan. Dari independent sampel t tes diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0.000 lebih kecil dari 0,5 sehingga dapat dikatakan ada perbedaan rata-rata bacaan al-Quran siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan aplikasi m-sorogan dengan kelas kontrol. Tingkat efisiensinya dapat dilihat dari rata-rata post-test kelas eksperimen yang menggunakan aplikasi m-sorogan sebesar 83.49 sedangkan kelas control sebesar 72.80, terdapat perbedaan yang besar sehingga dapat dikatakan bahwa aplikasi m-sorogan sangat efektif dalam meningkatkan nilai bacaan al-Quran siswa di SD NU Nurul Ishlah Kebomas Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syamsuddin, Syamsuddinsyam38339@gmail.com02040820065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFuad, Ah. Zakkiah.zakki.fuad@uinsby.ac.id2027047401
Thesis advisorHamid, Abdullohdoelhamid@uinsby.ac.id2028088501
Subjects: Internet
Al Qur'an
Keywords: Aplikasi M-Sorogan; bacaan al-Quran siswa
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syamsuddin Syamsuddin
Date Deposited: 27 Oct 2023 01:27
Last Modified: 27 Oct 2023 01:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66285

Actions (login required)

View Item View Item