Childfree dalam pernikahan perspektif teori maslahah at Thufi dan asy Syatibi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdaus, Sabrina Diana (2023) Childfree dalam pernikahan perspektif teori maslahah at Thufi dan asy Syatibi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sabrina Diana Firdaus_C95219055.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dengan judul, “Childfree Dalam Pernikahan Perspektif Teori Maslahah At-Thufi dan Asy-Syatibi” adalah penelitian yang menjawab dua rumusan massalah yaitu: 1. Bagaimana childfree dalam pernikahan sebagai fakta sosial ?, 2. Bagaimana relevansi maslahah at-Thufi dan asy-Syatibi terhadap childfree dalam pernikahan ? Jenis penelitian yang dilakukan dalam skripsi ini berbentuk penelitian kepustakaan (library research), yaitu penelitian yang menggambarkan teori maslahah at-Thufi dalam kitab al-ta’yīn fī sharh al-arba’īn, dan teori maslahah asy-Syatibi dalam kitab al-muwafaqat fī uṣhul al-shari’ah. Sedangkan data sekunder yang digunakan berupa jurnal, buku, karya ilmiah, dan kitab-kitab fikih kontemporer. Temuan dari penelitian ini adalah Pertama, teori maslahah at-Thufi yang mnegedepankan maslahah demi kemaslahatan umat, maka childfree tidak memenuhi kemaslahatan umat, selain dengan dampak traumati yang akan dialami pasangan childfree, childfree juga tidak sesuai dengan ketentuan syara’. Berkaitan dengan salah satu tujuan pernikahan yaitu memiliki keturunan. Kedua, teori maslahah asy-Syatibi yang menyatakan bahwa maslahat dapat dibagi menjadi 3 secara kebutuhan, yaitu al-Ḍaruriyah, al-Hajiyah, dan al-Taḥsiniyah. Yang di mana al-ḍaruriyah menjadi kebutuhan pokok umat, karena jika maslahah ini tidak terpenuhi maka akan mengancam keselamatan manusia. Hal ini sudah menunjukkan bahwa childfree tidak memenuhi kebutuhan al-ḍaruriyah, karena banyak dari pasangan childfree yang sebenarnya mampu untuk meneruskan keturunan, namun mereka menekan naluriyah mereka sebagai orang tua dengan cara memberikan alasan-alasan seperti alasan ekonomi, alasan lingkungan hidup, alasan traumatic, dan sebagainya. Pada akhir penulisan ini, penulis mengharapkan bagi pembaca untuk dapat menambah pengetahuan tentang keputusan childfree dari berbagai literatur yang ada demi keselamatan jangka panjang umat manusia. Begitupun dengan harapan kedepannya skripsi ini dapat menjadi literatur bagi penelitian yang selanjutnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdaus, Sabrina Dianadianasabrina245@gmail.comC95219055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamidy, Abu Dzarrin Aladzarrin2015@gmail.com ; dzar_alif@yahoo.co.id2004067302
Subjects: Perbandingan Madzhab
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Orang tua dan Anak
Keywords: pernikahan; maslahah at Thufi dan asy Syatibi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzhab
Depositing User: Sabrina Diana Firdaus
Date Deposited: 27 Oct 2023 04:05
Last Modified: 27 Oct 2023 04:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66289

Actions (login required)

View Item View Item