Kisah Nabi Ayyub dalam al Qur'an dan Bible

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhani, Nur Shofiyah (2023) Kisah Nabi Ayyub dalam al Qur'an dan Bible. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Shofiyah Ramadhani_E93219112.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tulisan ini membahas tentang kisah salah satu nabi yang dikenal dengan kesabaran dan ketabahannya menghadapi ujian dan cobaan dalam hidupnya. Adanya relasi historis Al-Qur’an dan Bible mendasari penelitian ini dilakukan dengan fokus pembahasan pada kisah hidup Nabi Ayyub. Penafsiran para ahli tafsir juga di gunakan sebagai pembanding kisah Nabi Ayyub dalam Bible. Selain memaparkan kisah Nabi Ayyub dalam Al-Qur’an dan Bible, penelitian ini juga menampilkan perbedaan dan persamaan kisah Nabi Ayyub yang ada pada keduanya. Dalam kisahnya juga banyak mengandung hikmah baik itu di Al-Qur’an sendiri maupun di Bible.Jenis penelitian yang digunakan adalah kepusatakaan (library research) dengan model penelitian kualitatif dan menyajikannya secara deskriptif-analisis. Dalam penelitian ini penggalian ayat-ayat tentang kisah Nabi Ayyub dalam Al-Qur’an menggunakan penafsiran dari beberapa ahli tafsir yang kemudian dibandingkan dengan pemaparan kisah Nabi Ayyub dalam Bible. Penelitian ini menghasilkan pembahasan yang menjadi jawaban sekaligus kesimpulan dari rumusan masalah. 1) mengenai konstruksi dalam Al-Qur’an dan Bible itu terletak pada penerimaan Nabi Ayyub terhadap ujian dan penyakit yang di deritanya. Al-Qur’an sendiri mengisahkan bahwa Nabi Ayyub memilih untuk sabar dan tabah, berprasangka baik terhadap ujian yang dijalaninya. Sedangkan Bible mengisahkan Nabi Ayyub yang mengeluh dan menyalahkan dirinya maupun ketetapan yang diberikan Tuhan sebagai bentuk ujian atas ketaatan dan kesalehannya sebagai seorang nabi. 2) Di balik itu, persamaan al-Qur’an dan Bible dalam mengkisahkan Nabi Ayyub bahwa ia menghadapi ujian dan cobaan berupa sakit yang lama. Sedangkan ada beberapa perbedaan kisah Nabi Ayyub dalam keduanya: pertama, terdapat pada 6 ayat dalam al-Qur’an dan 42 pasal dalam Bible. Kedua, sabar dan tabah menghadapi ujian dan cobaan, sedangkan dalam Bible Nabi Ayyub mengeluh dalam melewati ujian dan musibah. Ketiga, istri yang menemani selama masa sulit dan dalam Bible ketiga sahabat yang menemani. Keempat, berbaik sangka akan takdir Allah, sedangkan dalam Bible Nabi Ayyub berburuk sangka kepada Allah. Kelima, doa Nabi Ayyub dikabulkan karena adab dan keyakinan kepada Allah, sedangkan dalam Bible Allah menegur Nabi Ayyub karena sikapnya yang mengeluh dan merasa tinggi dari-Nya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhani, Nur Shofiyahnurshofiyah575@gmail.comE93219112
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIffah, Iffahivamuzammil@yahoo.co.id2013076902
Subjects: Cerita Nabi
Al Qur'an
Keywords: kisah; Nabi Ayyub; al Qur’an; Bible
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Nur Shofiyah Ramadhani
Date Deposited: 30 Oct 2023 04:30
Last Modified: 30 Oct 2023 04:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66292

Actions (login required)

View Item View Item