Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan STEM untuk melatih kemampuan literasi matematis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saputri, Tria Agus (2021) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan STEM untuk melatih kemampuan literasi matematis. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tria Agus Saputri_ D74215073.pdf

Download (16MB)

Abstract

Kemampuan literasi matematis diperlukan untuk membantu peserta didik dalam memecahkan masalah. Salah satu pembelajaran matematika yang dapat melatih kemampuan literasi matematis peserta didik adalah pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan STEM. Oleh karena itu, dalam penelitian ini yang akan dikembangkan adalah perangkat pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan STEM yang dapat melatih kemampuan literasi matematis peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan, keefektifan perangkat pembelajaran, dan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam melakukan kegiatan pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan STEM yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan menggunakan model Plomp yang terdiri dari tiga fase, yaitu penelitian pendahuluan, fase pembuata prototype, dan fase penilaian. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Uji coba penelitian ini dilakukan pada 32 peserta didik kelas VIII-A SMP Negeri 1 Wonoayu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah catatan lapangan, teknik validasi, teknik observasi, teknik angket, teknik penilaian proyek, dan teknik tes literasi matematis. Dari hasil penelitian diperoleh data proses pengembangan perangkat pembelajaran bahwa guru masih menggunakan pembelajaran langsung dengan kurikulum 2013 revisi 2017. Selanjutnya, dibuat rancangan awal RPP dan LKPD. Kevalidan perangkat pembelajaran dinyatakan “valid” dengan RTV RPP sebesar 4,08 dan RTV LKPD sebesar 3,95. Kepraktisan perangkat pembelajaran dinyatakan “praktis” dengan penilaian B. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dinilai praktis dan layak digunakan dengan sedikit revisi. Perangkat pembelajaran telah dinilai “efektif” karena aktivitas peserta didik yang aktif lebih besar dari yang pasif dengan persentase sebesar 97,7% dan aktivitas guru dalam melaksanakan sintaks pembelajaran memenuhi kriteria “efektif” dengan rata-rata skor sebesar 3,59 yang berarti dalam kategori sangat baik dan persentase respon positif peserta didik sebesar 82,8%. Hasil kemampuan peserta didik melakukan proyek dengan kategori sangat baik dengan rata-rata penilaian sebesar 79,9. Hasil kemampuan literasi matematis peserta didik dengan kategori literasi matematis tinggi sebesar 53,12%, peserta didik dengan kategori literasi matematis sedang sebesar 37,5%, dan peserta didik yang memiliki kemampuan literasi matematis rendah sebesar 9,38%. Sehingga dapat disimpulkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat melatih kemampuan literasi matematis peserta didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saputri, Tria Agustriaagus@gmail.comD74215073
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamdani, A. Saepulasepsaepulhamdani@uinsby.ac.id2031076501
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunahsetyawati@uinsby.ac.id--
Subjects: Matematika
Pendidikan
Keywords: Pengembangan; pembelajaran berbasis proyek; STEM; kemampuan literasi matematis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Tria Agus Saputri
Date Deposited: 27 Oct 2023 04:08
Last Modified: 27 Oct 2023 04:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66296

Actions (login required)

View Item View Item