Analisis kesesuaian lahan untuk penanaman Mangrove di Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pungkasih, Wike Monetasya (2023) Analisis kesesuaian lahan untuk penanaman Mangrove di Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wike Monetasya Pungkasih_H74217042.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kecamatan Dungkek adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Sumenep yang mengalami abrasi, sehingga perlu dilakukan upaya mitigasi bencana abrasi. Tujuan penelitian untuk menganalisis kesesuaian parameter dan lahan untuk penanaman mangrove serta strategi non-mangrove. Metode yang digunakan adalah metode skoring berdasarkan parameter yang diukur. Parameter yang digunakan dalam meneliti kesesuaian lahan untuk penanaman mangrove yaitu substrat, salinitas, suhu, gelombang, arus, pasang surut, dan kelandaian. Hasil yang didapatkan berdasarkan analisis bahwa di semua lokasi penelitian parameter salinitas, gelombang, arus, dan kelandaian menunjukkan kriteria sesuai untuk pertumbuhan mangrove. Sedangkan untuk parameter suhu dan pasang surut menunjukkan kriteria kurang sesuai serta substrat tidak sesuai untuk pertumbuhan mangrove. Hasil perhitungan nilai kesesuaian lahan menunjukan bahwa seluruh stasiun lokasi penelitian masuk dalam kategori ‘sesuai’ untuk penanaman mangrove dengan nilai 81,00%, dengan jenis mangrove Rhizophora spp. Berdasarkan hasil perhitungan persentase kesesuaian lahan maka dapat dikatakan bahwa wilayah pesisir Kecamatan Dungkek sesuai untuk dilakukan penanaman mangrove sebagai mitigasi bencana abrasi. Upaya yang dapat dilakukan selain penanaman mangrove adalah dengan melakukan penanaman cemara udang dan pembangunan revetment.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pungkasih, Wike Monetasyawikemonetasyapungkasih@gmail.comH74217042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuttaqin, Andik Dwiandik.muttaqin@uinsa.ac.id198204102014031001
Thesis advisorViolando, Wiga Alifwiga.alif@uinsby.ac.id199203292019031012
Subjects: Lingkungan Hidup
Bahan Pustaka > Pelestarian
Pelestarian
Keywords: Lahan; penanaman Mangrove
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi
Depositing User: Wike Monetasya Pungkasih
Date Deposited: 27 Oct 2023 08:15
Last Modified: 27 Oct 2023 08:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66297

Actions (login required)

View Item View Item