Pendampingan masyarakat melalui pengolahan ikan bandeng di Dusun Sumber Sari Desa Tajung Widodo Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amelia, Masning Indah Leya Aula (2023) Pendampingan masyarakat melalui pengolahan ikan bandeng di Dusun Sumber Sari Desa Tajung Widodo Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Masning Indah Leya Aula Amelia_B02219021.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui situasi ibu- ibu rumah tangga yang ada di Desa Tajung Widoro Dusun Sumber Sari dengan kegiatan berwirausaha melakukan inovasi pengolahan ikan bandeng menjadi produk yang siap makan dan memiliki nilai ekonomis. Penelitian ini bermaksud untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terkait pentingnya mengelola aset yang dimiliki Dusun Sumber sari untuk dimanfaatkan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi. Aset alam yang ada di masyarakat berupa ikan bandeng yang banyak dijumpai, dikarenakan banyaknya lahan tambak. Metode yang digunakan pada proses pendampingan kepada kelompok ibu-ibu rumah tangga menggunakan metode ABCD (Asset Bassed Community Development) yaitu proses yang menggunakan metode pemberdayaan masyarakat berfokus pada pengembangan aset dan potensi yang ada di masyarakat. Terdapat beberapa tahapan yang dilakukan pada proses pendampingan ini, mulai dari inkulturasi dengan masyarakat sehingga melakukan tahapan 5D (Discovery, Dream, Design, Destiny, Define) dengan melakukan analisis evaluasi menggunakan MSC (Most Significant Change) dan Leaky Bucket.Terdapat beberapa temuan yang sesuai dengan sumber masalah penelitian yakni mengenai perekonomian yang tidak stabil dikarenakan hanya bergantung penghasil kepada suami saja. Peneliti bersama dengan ibu-ibu sepakat untuk membuat kelompok usaha dan mengadakan beberapa upaya peningkatan keterampilan dan penggorganosasian. Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya kesadaran dalam pengembangan aset yang didapat dari kegiatan pendampingan kepada kelompok ibu-ibu rumah tangga ini meningkatnya kapasitas anggota dalam melakukan inovasi pengolahan ikan bandeng menjadi produk yang siap saji, makanan yang mudah diolah. Munculnya jiwa kewirausahaan ini berdampak baik dalam menciptakan kemandirian ekonomi anggota dan kelompok, serta dapat memanfaatkan potensi dengan mengimplementasikan dakwah pengembangan masyarakat islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amelia, Masning Indah Leya Aulaaulaamelia28@gmail.comB02219021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, Chabibchabib.musthofa@uinsby.ac.id2030067902
Subjects: Dakwah > Dakwah, Masyarakat
Kesejahteraan Sosial
Dakwah > Pengembangan Masyarakat
Keywords: Pendampingan; pengolahan ikan bandeng; kemandirian ekonomi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Masning Indah Leya Aula Amelia
Date Deposited: 27 Oct 2023 03:49
Last Modified: 27 Oct 2023 03:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66299

Actions (login required)

View Item View Item