Analisis hukum islam dan kompilasi hukum ekonomi syariah terhadap pembiayaan ijarah Multijasa di PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Lantabur Tebuireng Kantor Cabang Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Falahyakti, Qoriatul (2022) Analisis hukum islam dan kompilasi hukum ekonomi syariah terhadap pembiayaan ijarah Multijasa di PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Lantabur Tebuireng Kantor Cabang Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Qoriatul Falahyakti_C92218167.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dihimpun menggunakan field research yang dilakukan di PT. BPRS Lantabur Tebuireng kantor cabang Mojokerto. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. kemudian data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kulitatif dengan menggunakan pola pikir deduktif, yaitu dengan menggunakan teori-teori maupun dalil-dalil tentang Ijarah perdasarkan penelitian yang dilakukan di PT. BPRS Lantabur Tebuireng kantor cabang Mojokerto, kemudian ditinjau dalam Hukum Islam dan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah. Hasil penelitian telah ditemukan, bahwa beberapa praktik pembiayaan ijarah multijasa di PT. BPRS Lantabur Tebuireng kantor cabang Mojokerto adalah pihak bank memberikan dana kepada nasabah kemudian nasabah mengembalikan biaya tersebut sesuai dengan waktu yang telah ditentukan dengan imbalan ujrah. Menurut Hukum Islam terhadap praktik pembiayaan ijarah multijassa di PT. BPRS Lantabur Tebuireng kantor cabang Mojokerto belum sesuai dengan Hukum Islam dan menurut Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah, yang berlaku sebagai pedoman pelaksanaan ekonomi islam, adanya ketidaksesuaian dalam akad tersebut, dikarenakan pada objek ijarah multijasa seharusnya yang menjadi objek adalah jasanya. Dalam Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah pasal 318 ayat 3 menjelaskan ma’jur (benda yang di-ijarah-kan) dan tidak sah sewa menyewa jika tidak ada ma’jur. Dari hasil penelitian ini, penulis memberikan masukan kepada pihak PT. BPRS Lantabur Tebuireng kantor cabang Mojokerto untuk melaksanakan akad ijarah sesuai dengan Hukum Islam dan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah. Dan juga kepada nasabah untuk memahami terlebih dahulu mengenai akad ijarah lebih lanjut, agar kedepannya tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Falahyakti, Qoriatulqoriatulf30@gmail.comC92218167
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuyikno, Suyiknoyicko.88@gmail.com2005077304
Subjects: Bank Islam
Hukum Islam > Ijarah
Keywords: Pembiayaan; Bank Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Oct 2023 10:12
Last Modified: 29 Oct 2023 10:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66318

Actions (login required)

View Item View Item