Peran pembiayaan murabahah terhadap pengembangan usaha mikro, kecil, menengah anggota KSPPS BMT Mandiri Sejahtera Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shofiyullah, Ahmad (2023) Peran pembiayaan murabahah terhadap pengembangan usaha mikro, kecil, menengah anggota KSPPS BMT Mandiri Sejahtera Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Shofiyullah_G74218067.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam penelitian ini mengunakan pendekatan metode kualitatif berjenis deskriptif, jenis dan sumber data pada penelitian ini adalah data primer dan sekunder dimana data diperoleh langsung dari pihak KSPPS BMT Mandiri Sejahtera Jawa Timur dengan melalui teknik wawancara, dokumentasi dan observasi kemudian dari data tersebut di olah serta dilakukan analisa hingga dapat ditarik kesimpulan. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa pembiayaan murabahah yang dilaksanakan oleh KSPPS BMT Mandiri Sejahtera Jawa Timur dapat membantu anggota yang memiliki Usaha Mikro Kecil Menengah dalam menjalankan usahanya, mengembangkan usahanya, serta membantu meningkatkan pendapatan dan kinerja usaha. Meningkatanya pendapatan dapat dilihat dari bertambahanya produk yang mengakibatkan bertambahanya keuntungan yang dihasilkan, kinerja usaha dapat dilihat dari bertambahnya jumlah pelanggan yang berimbas dengan penambahan tenaga kerja pada kegiatan usaha yang dijalaninya. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, peneliti memberikan saran untuk KSPPS BMT Mandiri Sejahtera Jawa Timur agar tetap konsisten dalam menerpakan pembiayaan sesuai dengan peraturan yang berlaku serta tidak membedakan antara nasabah baru dan lama dan lembaga keuangan seperti ini semakin banyak agar mampu menunjang aktifitas ekonomi dan mengembangkan usaha masyarakat hingga tercipta perekonomian yang maju.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shofiyullah, Ahmadshafyullahahmad@gmail.comG74218067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWigati, Srisriwigati@uinsby.ac.id2021027302
Subjects: Bank Islam
Hukum Islam > Ijarah
Keywords: UMKM; Murabahah; Pembiayaan; BMT
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Oct 2023 16:21
Last Modified: 29 Oct 2023 16:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66321

Actions (login required)

View Item View Item