Implementasi energy transittion partnership sebagai kemitraan antara pemerintah Indonesia dan International partners group

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hamdun, Ibnu (2023) Implementasi energy transittion partnership sebagai kemitraan antara pemerintah Indonesia dan International partners group. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ibnu Hamdun_I72219041.pdf

Download (3MB)

Abstract

Upaya transisi energi telah menjadi komitmen Negara-negara di dunia sebagai salah satu cara untuk mengurangi jumlah emisi global termasuk di Indonesia. Namun dalam pelaksanaanya Indonesia memiliki hambatan terutama di sektor pembiayaan dan dukungan teknis lainnya. Disisi lain, terjadi dinamika internasional yang mendesak negara-negara maju untuk segera mengeluarkan pendanaan iklim kepada negara berkembang. Lebih lanjut dengan menggunakan konsep kemitraan global skripsi ini akan membahas bagaimana Indonesia mengimplementasikan JETP sebagai suatu hasil kemitraan antara Pemerintah Indonesia dan IPG. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi sedangkan analisis datanya menggunakan metode Miles, Huberman & Saljana. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Indonesia dan IPG telah mengimplementasikan kemitraan JETP melalui berbagai upaya diantaranya yaitu dalam 3 bulan telah melaksanakan dialog politik, pembentukan sekretariat JETP dan membantu Indonesia dalam penataan pendanaan dan teknis. Adapun dalam 6 bulan telah disusun dokumen CIPP yang didalamnya memuat rencana investasi dan pelaksanaan transisi energi, menyusun pera jalan ketenagalistrikan 2030 dan mengidentifikasi rencana penonaktifan PLTU Batubara.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hamdun, Ibnuibnoehamdun15@gmail.comI72219041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSiregar, Wahidah Zein Brwahidahsiregar@uinsby.ac.id2005016903
Subjects: Hubungan Internasional
Negara
Keywords: Energy transittion partnership; kemitraan; pemerintah Indonesia dan International
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: S.Sos Ibnu Hamdun
Date Deposited: 03 Nov 2023 01:32
Last Modified: 03 Nov 2023 01:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66323

Actions (login required)

View Item View Item