Pengaruh standar akuntansi pemerintah basis akrual, sistem pengendalian internal pemerintah, dan kesiapan sumber daya manusia terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Novita, Novita (2023) Pengaruh standar akuntansi pemerintah basis akrual, sistem pengendalian internal pemerintah, dan kesiapan sumber daya manusia terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Novita_G72219059.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kualitas laporan keuangan merupakan salah satu topik yang menarik dan relevan untuk diteliti karena laporan keuangan menjadi bukti kinerja pemerintah yang seyogyanya mampu memberikan transparansi kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan standar akuntansi pemerintah basis akrual, sistem pengendalian intern pemerintah, dan kesiapan sumber daya manusia terhadap kualitas laporan keuangan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Metode penelitian kuantitatif diartikan sebagai metode positivistik karena berdasarkan pada filsafat positivism. Metode ini dinamakan metode kuantitatif karena data penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 89, yang diperoleh melalui metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data primer yang diolah menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS (Statistical Program for Social Sciens) versi 27. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan standar akuntansi pemerintah basis akrual dan sistem pengendalian intern pemerintah berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan, sedangkan kesipan sumber daya manusia tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan. Sedangkan penerapan standar akuntansi pemerintah basis akrual, sistem pengendalian intern pemerintah, dan kesiapan sumber daya manusia berpengaruh simultan terhadap kualitas laporan keuangan. Selain itu, penelitian ini mengkonfirmasi teori agensi yang dibutuhkan oleh setiap instansi untuk kepentingan bersama pihak eksternal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Novita, Novitanovitalmg0@gmail.comG72219059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWahyudi, Noorn.wayudi@uinsby.ac.id2023038401
Subjects: Akuntansi
Pemerintahan Legislatif
Keywords: Standar akuntansi pemerintah; basis akrual; sistem pengendalian intern Pemerintah; Sumber Daya Manusia
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Novita Novita
Date Deposited: 01 Nov 2023 07:58
Last Modified: 01 Nov 2023 07:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66326

Actions (login required)

View Item View Item