Pengaruh promosi, literasi keuangan dan fluktuasi harga emas terhadap keputusan investasi tabungan emas dengan minat investasi sebagai variabell moderasi di PT.Pegadaian (persero) CP Wonokromo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Marseto, Intan Sari (2023) Pengaruh promosi, literasi keuangan dan fluktuasi harga emas terhadap keputusan investasi tabungan emas dengan minat investasi sebagai variabell moderasi di PT.Pegadaian (persero) CP Wonokromo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Intan Sari Marseto_G03219017.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tabungan emas merupakan produk investasi unggulan dari PT. Pegadaian (Persero) CP Wonokromo. Skripsi ini membahas mengenai “Pengaruh Promosi, Literasi Keuangan dan Fluktuasi Harga Emas terhadap Keputusan Investasi Tabungan Emas dengan Minat Investasi Sebagai Variabel Moderasi di PT. Pegadaian (Persero) CP Wonokromo” bertujuan untuk menganalisis pengaruh Promosi, Literasi Keuangan dan Fluktuasi Harga Emas terhadap Keputusan Investasi secara parsial serta menguji minat investasi sebagai variabel moderasi pada penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan oleh peneliti adalah simple random sampling. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 150 nasabah tabungan emas dari 9 outlet yang dimiki oleh PT. Pegadaian (Persero) CP Wonokromo. Data dalam penelitian terdiri dari data primer (kuesioner yang telah disebar) dan data sekunder (grafik fluktuasi harga emas). Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan menggunakan Smart PLS 3 melalui dua tahap yaitu pengujian outer model dan inner model. Hasil dari penelitian pada produk Tabungan Emas di PT. Pegadaian (Persero) CP Wonokromo yaitu Promosi tidak berpengaruh terhadap keputusan investasi. Kedua, Literasi keuangan berpengaruh terhadap keputusan investasi. Ketiga, Fluktuasi harga emas tidak berpengaruh terhadap keputusan investasi. Keempat, Minat investasi berpengaruh terhadap keputusan investasi. Kelima, Minat Investasi tidak dapat memoderasi pengaruh Promosi terhadap Keputusan Investasi. Keenam, Minat Investasi tidak dapat memoderasi pengaruh Literasi Keuangan terhadap Keputusan Investasi. Ketujuh, Minat Investasi dapat memoderasi pengaruh Fluktuasi Harga Emas terhadap Keputusan Investasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Marseto, Intan Sarig03219017@student.uinsby.ac.idG03219017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSamsuri, Andrianiandriani@uinsby.ac.id2002087603
Thesis advisorMaghfiroh, Rahma Ulfarahma.ulfa@uinsby.ac.id198612132019032009
Subjects: Ekonomi
Investasi
Keuangan > Keuangan - Manajemen
Keywords: Promosi; literasi keuangan; fluktuasi harga emas; keputusan investasi; minat investasi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: Intan Sari Marseto
Date Deposited: 22 Nov 2023 02:29
Last Modified: 22 Nov 2023 02:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66339

Actions (login required)

View Item View Item