Peran tokoh masyarakat terhadap percepatan pelaksanaan vaksinasi covid-19 di Desa Canga’an Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro ditinjau dari teori struktural fungsional Talcott Persons

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahro, Vita Fatimatuz (2022) Peran tokoh masyarakat terhadap percepatan pelaksanaan vaksinasi covid-19 di Desa Canga’an Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro ditinjau dari teori struktural fungsional Talcott Persons. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vita Fatimatuz Zahro_I73218056.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tokoh Masyarakat, seperti yang dipahami bersama adalah sosok yang menjadi panutan oleh masyarakat. Sebagai tokoh masyarakat harus menjalankan peran dengan baik dan harus memberikan manfaat positif untuk masyarakat apalagi saat ini Covid-19 belum sepenuhnya hilang .Vaksinasi Covid-19 di desa Canga’an dinilai berhasil, pasalnya hampir 99% masyarakat desa Canga’an telah melakukan vaksinasi dosis pertama dan kedua. Namun, pada awalnya terjadi berbagai pro dan kontra dari masyarakat. Segala peran dari tokoh mayarakat dalam pelaksaan percepatan vaksinasi terdapatproses pelaksaan vaksinasi serta faktor penghambat dan faktor pendukung dari pelaksanaan vaksinasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah: Metode Kualitatif Deskriptif, menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara lebih mendalam, dan dokumentasi. Pemilihan subjek penelitian menggunakan tehnik purposive sampling. Teori yang digunakan untuk menganalisis data a dalah teori Struktural Fungsional Talcott Persons, hal ini bertujuan untuk mengetahui peran apa yang dilakukan tokoh masyarakat dalam pelaksanaan percepatan Vaksinasi Covid-19. Hasil dari penelitian ini adalah: Peran yang dilakukan oleh tokoh masyarakat desa Canga’an dalam percepatan vaksinasi covid-19. Gugus tugas desa Canga’an beserta tokoh masyarakat bekerja sama dalam mendukung pelaksaan percepatan vaksinasi. Yang pertama, peran sebagai penyuluh. Yang Kedua, peran sebagai penggerak dan motivator. Yang Ketiga, peran sebagai teladan. Proses pelaksanaan percepatan vaksinasi covid-19 yang telah berlangsung di Desa Canga’an yang dilakukan pada tanggal 04 Juni tahun 2021. Pada pelaksanaan vaksinasi covid-19 secara massal di Balai Desa Canga’an untuk dosis pertama pada bulan juni, berlangsung cukup ramai, sekitar 500 orang yang datang. Pada bulan desember 2021 melaksanakan vaksinasi covid-19 jemput bola ke rumah-rumah warga. Hal tersebut dilakukan agarsemua masyarakat desa Canga’an bisa mengikuti vaksinasi. Faktor penghambat dan pendukung vaksinasi dalam pelaksanaan percepatan vaksinasi adalah Kurangnya kesadaran dari masyarakat tentang pentingnya vaksinasi, masyakat awalnya acuh dan enggan melakukan vaksinasi, hal ini disebabkan karena masyarakat tidak mempercayai adanya virus corona. Rasa cemas dan takut yang berlebihan dari masyarakat muncul karena masyarakat terpengaruh oleh berita hoax yang beredar luas di maedia sosial. Keraguan terhadap efektifitas vaksiansi. Faktor pendukung pelaksanaan vaksinasi adalah pelaksanaan vaksinasi di Desa Canga’an tidak kekurangan stock vaksin Covid-19 dan petugas kesehatan. Vaksinasi tidak dipungut biaya. Hal tersebut tentunya guna memudahkan masyarakat agar tidak kesusahan untuk mencari tempat vaksin.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahro, Vita Fatimatuzvitafatimatuzzahro@gmail.comI73218056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohman, Abidabidabufida@gmail.com2023067704
Subjects: Sosiologi
Vaksinasi
Keywords: Tokoh masyarakat; vaksinasi covid-19; teori struktural fungsional Talcott Persons
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Vita Fatimatuz Zahro
Date Deposited: 02 Nov 2023 09:37
Last Modified: 02 Nov 2023 09:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66344

Actions (login required)

View Item View Item