Pengorganisasian masyarakat petani dalam menghadapi belenggu pupuk kimia di Dusun Tebbes Desa Palenggiyan Kecamatan Kedungdung Kabupaten Sampang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanafi, Moh. (2023) Pengorganisasian masyarakat petani dalam menghadapi belenggu pupuk kimia di Dusun Tebbes Desa Palenggiyan Kecamatan Kedungdung Kabupaten Sampang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Hanafi_B02219023.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini menguraikan tentang proses pengorganisasian masyarakat dalam pembuatan pupuk organik yang dilakukan untuk menciptakan pertanian ramah lingkungan. Penelitian ini dilakukan di Dusun Tebes Desa Pelenggiyan Kecamayan Kedungdung Kabupaten Sampang. Pertanian merupakan pekerjaan utama masyarakat Dusun Tebes. Pertanian yang masih menggunakan bahan bahan kimia menyebabkan kerusakan Lahan pertanian. Fokus permasalahan penelitian ini adalah sebagai berikut. 1)Bagaimana kondisi masyarakat dalam menghadapi belenggu bahan kimia pada pertanian di Dusun Tebbes? 2)Bagaimana proses pengorganisasian masyarakat sebagai upaya atau strategi dalam mengatasi masalah belenggu bahan kimia pada pertanian masyarakat Dusun Tebbes? 3) Bagaimana relevansi pengorganisasian masyarakat dalam dakwah pengembangan masyarakat islam sebagai proses pemecahan masalah? Penelitian ini mengunakan metode pendekatan PAR (Partisipatory Action Research). PAR merupakan penelitian yang mengajak semua pihak yang terkait (Stakeholders) dalam mengamati hal hal yang terjadi di sekitar masyarakat, dengan tujuan melakukan perubahan yang lebih baik lagi. Hasil dari proses pengorganisasian masyarakat petani Dusun Tebbes yaitu adanya pemahaman mengenai bahayanya pertanian kimiawi, adanya pemahaman mengenai pertanian ramah lingkungan, adanya pemahaman masyarakat dalam mengelola pertanian yang ramah lingkungan, terbentuknya komunitas petani ramah lingkungan sebagai wadah agar proses ini terus dilakukan upaya advokasi dilakukan agar pemerintah juga turut serta sehingga keberlangsungan program tetap bisa terjaga setelah proses penelitian ini selesai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanafi, Moh.mohammadhabafi438@gmail.comB02219023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAdnan, Abd. Mujib-2007025902
Subjects: Masyarakat
Pertanian
Keywords: Masyarakat petani; belenggu pupuk kimia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Mohammad Hanafi
Date Deposited: 03 Nov 2023 02:52
Last Modified: 03 Nov 2023 02:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66345

Actions (login required)

View Item View Item