Praktikpenerapan pesta hadiah dalam penghimpun dana menurut fatwa DSN-MUI no. 86/DSN-MUI/XII/2012: studi kasus BSI KCP Lamongan Pasar Babat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Sofia Rosa Ananda (2023) Praktikpenerapan pesta hadiah dalam penghimpun dana menurut fatwa DSN-MUI no. 86/DSN-MUI/XII/2012: studi kasus BSI KCP Lamongan Pasar Babat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sofia Rosa Ananda Putri_C92219143.pdf

Download (3MB)

Abstract

Praktik program pemberian hadiah dalam penghimpunan dana, salah satu bank syariah Indonesia yang telah melaksanakan suatu program penghimpunan dana yaitu salah satunya program pesta hadiah. Bank syariah tidak boleh melakukan kegiatan yang menyalahi prinsip syariah. Penelitian ini berfokus pada bagaimana praktik program pesta hadiah di BSI KCP Lamongan Pasar Babat dan bagaimana analisis fatwa DSN-MUI No. 86/DSN-MUI/XII/2012 terhadap program pesta hadiah di BSI KCP Lamongan Pasar Babat. Penelitian ini akan menganalisis fatwa DSN-MUI No. 86/DSN-MUI/XII/2012, yang di dalamnya terdapat rumusan masalah terkait bagaimana praktik program pesta hadiah dan bagaimana analisis Fatwa DSN-MUI No. 86/DSN-MUI/XII/2012 terhadap program pesta hadiah di BSI KCP Lamongan Pasar Babat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara. Data dianalisi secara kualitatif dengan menggunakan deskriptif analitis. Hasil penelitian ini menunjukan yang pertama pada praktik program pemberiam hadiah di BSI KCP Lamongan Pasar Babat terdapat satu cara pemberian hadiah, yaitu diberikan secara langsung pada awal akad perjanjian antara pihak bank dengan nasabah saat melakukan penghimpunan dana. Yang kedua program pesta hadiah di BSI KCP Lamongan Pasar Babat sudah sesuai dengan fatwa DSN-MUI No. 86/DSN-MUI/XII/2012 tentang hadiah dalam penghimpunan dana lembaga keuangan syariah. Berdasarkan pembahasan analisis yang telah penulis uraikan pada bab-bab di bawah ini, maka adapun saran dalam penelitian ini yaitu, pihak terkait melakukan sosialisasi untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat yang masih belum mengetahui bank syariah. Selain itu, agar lebih memperjelas persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan untuk melakukan program tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Sofia Rosa Anandaanandasofia010@gmail.comC92219143
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSanuri, Sanurisuns_76@yahoo.com2021017603
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Hukum Islam
Hukum Ekonomi
Keywords: Hukum ekonomi syariah; penghimpunan dana; pesta hadiah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Sofia Rosa Ananda Putri
Date Deposited: 03 Nov 2023 02:57
Last Modified: 03 Nov 2023 02:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66353

Actions (login required)

View Item View Item