Sejarah dan aktivitas fatayat NU ancab Driyorejo tahun 1995-2018

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sunfatayati, Nurma Dewi (2023) Sejarah dan aktivitas fatayat NU ancab Driyorejo tahun 1995-2018. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurma Dewi Sunfatayati_A92215112.pdf

Download (2MB)

Abstract

Organisasi Fatayat NU Ancab Driyorejo merupakan organisasi pemudi NU yang mempunyai peran serta dalam mewujudkan masyarakat Indonesia yang sejahtera, lebih khusus terhadap kaum perempuan yang sadar beragama, berbangsa, bernegara berlandaskan pada ajaran Islam Ahlul Sunnah Wal Jama’ah. Penelitian dengan judul “Sejarah dan Aktivitas Fatayat NU Ancab Driyorejo (1995-2018)” memiliki fokus permasalahan yakni 1) Apa latar belakang berdirinya Fatayat NU Ancab Driyorejo?, 2) Bagaimana pertumbuhan dan perkembangan Fatayat NU Ancab Driyorejo?, 3) Aktivitas apa saja yang pernah dilakukan Fatayat NU Ancab Driyorejo selama tahun (1995-2018) dan bagaimana pengembangan aktivitasnya?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejarah berdirinya serta pertumbuhan dan perkembangan Fatayat NU Ancab Driyorejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan sejarah sosial untuk melihat perubahan atau perkembangan dari masa ke masa sebuah sejarah. Selain pendekatan sejarah juga melakukan pendekatan sosiologi untuk menjelaskan proses historis lahirnya Fatayat NU Ancab Driyorejo. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori peran menurut Soerjono Soekamto. Metode penelitian ini menggunakan metode sejarah yang didalamnya terdapat, beberapa tahapan yakni: heuristic, verifikasi, interpretasi dan historiografi. Hasil dari penelitian ini yakni 1) Fatayat NU Ancab Driyorejo berdirinya dilatar belakangi oleh keinginan dari Ibu Dewi Murthosiyah selaku perintis Fatayat NU Driyorejo untuk memberi wadah bagi para pemudi – pemudi dengan berfaham Ahlusunnah Wal Jama’ah. 2) Keberadaan organisasi Fatayat di Driyorejo semakin lama mendapatkan respon positif dari berbagai lapisan masyarakat. Walaupun sebelumnya banyak hambatan dalam mencari massa. 3) Kegiatan – Kegiatan yang dilakukan Fatayat NU Driyorejo lebih dititik beratkan dalam bidang organisasi dan pengkaderan, juga dalam bidang pendidikan untuk meningkatkan kualitas SDM.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sunfatayati, Nurma Dewinurmadewi81@gmail.comA92215112
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhodafi, Muhammadmkhod4fi@gmail.com2029117202
Subjects: Adab
Organisasi Masyarakat
Sumber Daya Manusia
Keywords: Sejarah; aktivitas fatayat NU
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Nurma Dewi Sunfatayati
Date Deposited: 07 Nov 2023 02:24
Last Modified: 07 Nov 2023 02:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66370

Actions (login required)

View Item View Item